8 IKM Aceh Lakukan Misi Dagang ke Singapura dan Malaysia

ACEHTREND.COM – Banda Aceh- Asosiasi Industri Kecil Menengah (IKM) Aceh (Asia) melakukan misi dagang ke Singapura dan Malaysia, pada tanggal Selasa-Sabtu (3-7/12/2019).

Ketua Asia, T Dhahrul Bawadi, kepada aceHTrend mengatakan, dalam misi ini ada delapan IKM yang ikut serta dengan produk andalan masing-masing. Dhahrul sendiri hadir dengan produknya Bawadi Coffe. Lainnya ada Zulkifli (Jahe Merah Cut Ti), Ardian (Aceh Aquaculture Cooperative), Kliwon (Tas Rotan), Deddi Iswanto (Kacho Coklat), Rahmad K (Indatu D’Coco Kelapa Muda), Rizki Rajar Ramadhan (Teh dan Kopi Herbal), dan Ahmad (Nugget, bakso, abon, dll).

Dari delapan IKM yang ikut, empat di antaranya telah melakukan MoU di Singapura bersama Dapur Aminah Grup. Dengan jerih payah dan kerja keras IKM Aceh mencoba mencari pasar sendiri dan bersaing di kancah internasional.

“Walaupun para IKM menggunakan biayanya masing-masing dalam misi dagang ini, tapi tidak mematahkan semangat mereka untuk memberanikan diri berkiprah di negara tetangga yang akhirnya membuahkan hasil,” ujar T Dhahrul Bawadi, Kamis (5/12/2019).

Sebagai Ketua Asia, ia mengharapkan ke depan Pemerintah Aceh lebih fokus kepada pengembangan IKM-UKM Aceh dengan membuka jaringan pemasaran di tingkat nasional maupun internasional. Alasannya, karena selama ini ia melihat pemerintah lebih fokus kepada program-program sosialiasi dan bimbingan teknologi saja.

Adapun beberapa pameran yang selama ini mereka ikuti masih banyak yang belum efektif untuk promosi dan selalu dengan konsep hanya beberapa produk IKM saja yang ditampilkan di event tersebut.

Dengan adanya misi aksi dagang ini pihak Asia berharap ke depan akan banyak IKM Aceh melakukan kegiatan seperti ini sehingga bisa berkiprah di luar secara mandiri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK