Hutan Kota Banda Aceh, Ruang Hijau Edukasi

Jembatan Tajuk, salah satu spot yang digemari oleh millenial untuk berswafoto. Foto: Ikhsan/aceHTrend.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh-Bila Anda berkunjung ke Banda Aceh, Hutan Kota [BNI] yang berada di Gampong Tibang, di tikungan jembatan Krung Cut, merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Di sini, ragam fasilitas disediakan, mulai dari jembatan tajuk, lapangan olah raga hingga wahana bermain anak.

Hutan Kota merupakan salah satu objek wisata berkonsep alam yang dibuka pertama kali 29 November 2010, hasil kerjasama Pemerintah Kota Banda Aceh dengan Bank Negara Indonesia (BNI) di masa Walikota Mawardi Nurdin.

Hutan Kota Banda Aceh, merupakan salah satu objek wisata yang teduh dan alami. Foto: Ikhsan/aceHTrend.

Hutan yang berada di pinggir Selat Malaka ini memiliki ragam pepohonan, yang ditanam oleh sejumlah kepala daerah di Indonesia.

Di sini, juga tersedia materi edukasi alam berupa panflet yang menjelaskan tentang jenis-jenis burung, jenis-jenis tumbuhan, serta juga tersedia kolam ikan yang saat ini berisi bandeng. Ikan yang dalam basa Aceh disebut muloh, merupakan salah satu komoditi tambak unggulan di Aceh.

Foto: Ikhsan/aceHTrend.

Hasil pantauan aceHTrend, dengan pepohonan yang kian meninggi, menjadikan Hutan Kota [BNI] terasa sejuk dan nyaman. “Kondisi lingkungannya juga nyaman dan bersih,” ujar Meli (20) salah seorang mahasiswa yang sering melipir ke sana. “Saya datang bersama teman-teman seusai jam kuliah,” ujar Meli, Selasa (3/12/2019)

Pantauan aceHTrend dalam beberapa kali kunjungan, dengan suasana yang teduh, kawasan Hutan Kota seringkali dipergunakan oleh kelompok siswa dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas belajar, melaksanakan kegiatan outbond dan lainnya.

Jembatan utama yang berada di gerbang masuk Hutan Kota BNI Tibang. Foto: Ikhsan/aceHTrend.

Para mama muda dan papa muda juga terlihat ramai berkunjung, sembari membawa serta buah cinta mereka. Wahana bermain anak tersedia memadai di objek wisata yang hanya dikenakan biaya parkir saja. []

KOMENTAR FACEBOOK