Lomba Debat Bahasa Indonesia Se-Aceh Singkil Minim Peserta

ACEHTREND.COM, Singkil – Perhelatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Singkil yang berlangsung di SMAN 1 Gunung Meriah, Rimo, Aceh Singkil resmi ditutup, Kamis (5/12/2019).

Sepuluh tim debat dari SMA dan SMK di Aceh Singkil telah berkompetisi selama satu hari penuh, akhirnya tim LDBI dari SMAN 1 Gunung Meriah dan SMKN 1 Kuala Baru menoreh hasil gemilang dan berhak mewakili Aceh Singkil dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Aceh.

Sedangkan juara dua diperoleh SMAN I Singkil Utara dan juara tiga SMAN II Gunung Meriah. Kategori SMK juara II diperoleh SMKN 1 Gunung Meriah.

Acara penutupan selain dihadiri oleh peserta LDBI dan pendamping dari sekolah masing-masing, juga dihadiri kepala sekolah, para undangan dan beberapa orang pengawas.

Hadir pula utusan yang punya hajat, yaitu Kacabdin Pendidikan Wilayah Aceh Singkil dan Subulussalam yang diwakili Kasi Manajemen Guru Tenaga Kependidikan dan Mutu Kesiswaan, Ahmad Fazil, S Pd, M Pd.

Ketua Musyawarah Kepala-kepala Sekolah (MKKS) SMA Aceh Singkil, Musren S Pd menyayangkan masih ada kepala sekolah yang tidak mengirimkan tim sekolahnya untuk berkompetisi di LDBI.

Padahal kegiatan LDBI ini kata Musren, sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas peserta didik dan kualitas sekolah secara keseluruhan. Apalagi ajang ini diperlombakan dari tingkat kabupaten hingga nasional.

“Tanpa adanya kompetisi di kalangan siswa, kita susah mengukur tingkat kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Kompetisi LDBI ini salah satu cara mengukurnya,” ucap Musren.

Karena itu pihak MKKS sangat apresiatif dan mendukung kegiatan LDBI yang digelar oleh Cabdin Pendidikan Wilayah Aceh Singkil dan Subulussalam.

SMA/SMK yang mengirim pesertanya dalam LDBI tahun 2019 yaitu, SMAN 1 Suro, SMAN 1 Simpang Kanan, SMAS Safinatussalamah, dan SMAN 1 Singkil Utara.

Tak ketinggalan utusan dari tim SMAN 1 Gunung Meriah, SMAN 2 Gunung Meriah, SMAN 1 Singkohor, SMAN Singkil, SMKN 1 Gunung Meriah, dan SMKN 1 Kuala Baru.

Di pengujung acara Cabdin Pendidikan Wilayah Aceh Singkil dan Subulussalam menyerahkan medali dan uang pembinaan kepada para pemenang.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK