Festival Danau Lut Tawar Angkat Seni Budaya Gayo

Panorama Danau Laut Tawar @aceHTrend/Ihan Nurdin

ACEHTREND.COM, Takengon – Festival Danau Lut Tawar tinggal menghitung hari dan sudah dipastikan berlangsung di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, pada Minggu-Selasa (8-10/12/2019).

Pihak panitia terus mematangkan persiapan, selain berkoordinasi dengan berbagai pihak juga memastikan pengisi acara.

Menurut Suburhan, Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, sejauh ini tidak ada masalah yang urgen. Semua telah dikoordinasikan dengan baik bersama pihak terkait. Terutama untuk kedatangan artis ibu kota Cakra Khan dan Virzha.

Artis papan atas ini juga sudah memastikan kehadirannya untuk menghibur masyarakat Gayo di lapangan Musara Alun.

Menurut Suburhan, berbagai kegiatan nanti akan dilaksanakan baik di tengah Kota Takengon maupun di Danau Lut Tawar, sebagai ikon Aceh Tengah. Sejauh ini menurut Suburhan, reaksi masyarakat sangat antusias untuk menyambut Festival Lut Tawar ini.

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat dan menampilkan kembali atraksi seni dan budaya Gayo, serta kearifan lokal.

“Kita harus terus mengaungkan atraksi seni lokal dan budaya Gayo. Budaya Gayo ini sangat indah dan harus terus dieksploirasi agar terus berkembang ke tingkat nasional,” jelas Suburhan melalui rilis yang diterima aceHTrend, Jumat (6/12/2019).

Selain itu, potensi alam yang menjadi objek pariwisata yang terkenal di Aceh Tengah adalah Danau Lut Tawar. Potensi lainya, yaiti kopi arabika dan palawija. Aceh Tengah juga kaya dengan kekayaan seni dan budaya serta adat istiadat masyarakat yang masih kuat dan terus dilestarikan.

Suburhan juga membeberkan lima agenda kegiatan antara lain pentas seni budaya (Lapangan Musara Alun), kampung seni Gayo (lomba festival didong di Lapangan Musara Alun), parade perahu hias (di Desa Mendale), lomba perahu (Desa Mendale), dan Gayo Art Carnival (di Lapangan Sekdakab).[]

Editor : Ihan Nurdin