Peringatan Hari Ibu di Aceh Diawali dengan Jalan Sehat

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pemerintah Aceh bersama Polda Aceh akan menggelar peringatan Hari Ibu ke-91 dengan berbagai kegiatan seperti gerak jalan sehat bebas plastik. Kegiatan jalan sehat ini dilaksanakan direncanakan berlangsung pada Minggu (8/12/2019) yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh.

‚ÄĚSebenarnya Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember, tapi untuk kegiatan akan dimulai pada 8 Desember mendatang,” kata Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudi saat gelar konferensi pers di Ruang Humas Pemprov Aceh, Jumat (6/12/2019).

Peserta jalan sehat ini ditargetkan diikuti sekitar lima ribu peserta. Untuk dress code, mengenakan atasan putih dan bawahan warna gela. Sementara itu panitia tidak menyediakan kaus.


Lanjutnya, panitia menyiapkan door prize berupa sepeda, kompor gas, dan sebagainya, serta doorprize dari Kapolda Aceh berupa dua tiket umroh.

“Dalam kegiatan itu di mana peserta tidak boleh membawa air minum kemasan plastik, harus bawa tumbler, bahkan panitia juga menyediakan air minum dan sarapan,” katanya.

“Maka itu kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan dalam rangka peringati Hari Ibu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Nevi Ariyani mengatakan, rangkaian kegiatan itu dimulai sejak 8 Desember sampai hari puncak pada 12 Desember.

“Kita kan memberi penghargaan untuk Yulis Ratna Sari selaku seorang istri yang mendonorkan ginjalnya kepada suami, SKPA telah melaksanakan perencanaan penganggaran responsif gender dan desa terbaik pelaksanaan forum ketahanan keluarga dari delapan desa pilot projects,” ujarnya.

Ia mengatakan penghargaan itu akan diberikan puncak Peringatan Hari Ibu digelar pada 12 Desember 2019 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Selain gerak jalan sehat, ada juga kegiatan lainnya, seperti ziarah ke makam pahlawan, talkshow, gerakan satu hari mengajar tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, lomba vlog festival perempuan berdaya, bakti sosial, expo, dan nonton bareng.[]

Editor : Ihan Nurdin