Hijab Voal Oke Dipakai Kapan Saja

Oleh Irhamna*

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Muslim di Indonesia mencapai 90 %. Indonesia menjunjung tinggi norma kesopanan, baik dalam aspek apapun termasuk dalam cara berpakaian. Di dalam Islam sendiri perempuan berada di posisi terhormat, dan Islam juga mewajibkan hukum berhijab bagi setiap wanita muslim. [Sebagai negara] Indonesia tidak mengharuskan setiap muslimah untuk berhijab. Juga tidak dilarang. Kecuali di Aceh dengan otonomi khususnya yang mewajibkan setiap perempuan muslim akil balig menutup aurat secara sempurna. Di luar Aceh, kembali kepada individu seseorang muslim itu sendiri.

Hijab merupakan salah satu wahana penutup aurat wanita yang bukan saja berpaka kain biasa, tapi memiliku perkembangan yang luar biasa di dalam dunia fashion. Berbicara soal hijab , fashion dunia sangat berkembang pada saat ini. Dan Indonesia memiliki potensi bisnis busana muslim yang berkembang sangat signifikan. Indonesia juga merupakan satu dari lima besar Negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebagai pengekspor fashion muslim terbesar di dunia, setelah Bangladesh, Turki, Maroko, dan Pakistan. Sehingga menjadikan Indonesia layak sebagai kiblat fashion muslim di dunia.

Untuk kenyamanan berhijab, tentu saja pemilihan bahan dan jenisnya menjadi pertimbangan penting. Bahan dari hijab tersebut tidak membuat gerah dan tidak transparan. Bahan hijab voal termasuk ke dalam salah satu pilihan hijab ternyaman. Tekstur jilbab yang halus, tidak transparan dan juga ringan menjadikan wanita harus memilikinya. Selain pada tekstur yang dimilikinya , jenis hijab voal ini juga di desain dengan motif yang sangat bagus. Sehingga tidak membuat pengguna bosan pada warna yang polos.

Hijab voal yang memiliki variasi motif, juga menjadi hal terpenting. Selain bisa dipakai untuk kegiatan sehari hari, juga bisa dipakai untuk acara formal. Tergantung pada pemilihan motifnya. Sifat yang dimiliki oleh bahan jenis voal ini semi transparan, tipis tetapi jika dilipat tidak akan menerawang. Bahan hijab voal ini adalah kain voille. Dan kain voille ini kebanyakan terbuat dari 100% katun. Sehingga membuat pemakai sangat nyaman.

Bahan hijab voal ini memiliki serat yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik, membuat hijab voal memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak membuat yang memakainya kegerahan. Dan ini menjadi satu alasan mengapa hijab jenis voal ini memiliki keunggulannya sendiri. Dari keunggulan yang dimiliki oleh hijab jenis voal ini, menjadikan kunci atau solusi pada wanita yang mengenakan hijab.

Banyak wanita yang memiliki hijab kedap suara dengan bahan yang tebal dan berat. Itu menjadi salah satu masalah yang membuat tidak nyaman dipakai. Voal dengan keunggulan bahan yang ringan dan motif yang dimiliki, menjadikan para wanita harus memilikinya dan hijab bahan ini tidak akan mengecewakan karena akan membuat nyaman dengan tampilan cantik setiap harinya.

*)Penulis adalah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Foto dikutip dari Tokopedia. Diperagakan oleh model.