Pemerintah Target Kunjungan Wisatawan Tahun Depan Lebih Tiga Juta

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Pemerintah Aceh meminta seluruh kepala daerah agar lebih meningkatkan destinasi wisata di setiap daerah masing-masing. Ditargetkan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Aceh di tahun depan akan meningkat. Pernyataan itu disampaikan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di malam Anugerah Wisata Halal dan peluncuran brand (logo) Wisata Halal Acehdi Hermes Hotel Banda Aceh, Jumat malam (6/12/2019).

Nova menyebutkan, tahun ini ada tiga juta wiswatawan yang mengunjungi lokasi wisata di Aceh, termasuk 150 ribu di antaranya wisatawan mancanegara.

“Jadi dapat ditargetkan tahun depan kunjungan wisatawan lebih meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan, Aceh sangat banyak mendapat keuntungan dari sektor pariwisata, karena memiliki kelebihan wisata dari daerah lain. Menurut Nova, Aceh memiliki destinasi wisata yang menarik, ada kurang lebih 978 objek wisata di Aceh terdiri atas wisata bahari, wisata alam, budaya, wisata religi, dan kuliner.

Ia menyebutkan Provinsi Aceh sebagai daerah syariat Islam menjadi kebanggaan tersendiri yang diandalkan untuk menghadirkan wisatawan. Apalagi Aceh sukses dengan penghargaan destinasi terbaik di tingkat internasional pada Festival World Halal Travel Awards di Abu Dabi, Uni Emirat Arab pada tahun 2016.

Sedangkan di tingkat nasional, dua kali berturut-turut sebagai destinasi unggulan nasional berdasarkan Indonesia Muslim Travel Index atau IMTI. Hal ini kata Nova, semakin mendorong Pemerintah Aceh untuk terus mempromosikan parawisata Aceh dengan mengusung tagline The Light of Aceh atau Cahaya Aceh.

“Jadi daya tarik (wisata) itu terus dipasarkan ke dunia internasional, sehingga wisatawan yang datang ke Aceh bisa terus meningkat,” ujarnya.

“Kita akan terus meningkatkan fasilitas di kawasan wisata, selain itu kami sangat mengharap dukungan dari usaha wisata lokal untuk memperkuat agar mampu memberi pelayanan terbaik di setiap wisatawan berkunjung,” ujarnya.

Nova menyarankan dinas terkait segera mengambil aksi nyata berawal dari yang kecil serta lakukan sesuatu hingga tuntas dan memberi pelayanan paling menyentuh kepada para wisatawan.

“Insya Allah ke depan kita akan membenahi tempat-tempat yang berada di kawasan wisata, termasuk restoran agar tercermin halal, kebersihan musala, MCK, dan keramahan diberikan kepada pengunjung,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin