Cuaca Tak Bersahabat, Nelayan Alue Naga Tidak Melaut

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dalam beberapa hari terakhir nelayan di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, memilih tidak pergi melaut karena gelombang laut sedang tidak bersahabat.

Amatan aceHTrend sore tadi, terlihat banyak boat kecil bermuatan dua orang bersandar di kuala. Sebagian nelayan terlihat sedang memperbaiki boat dan ada juga yang memperbaiki cantrang (jaring) ikan yang sudah robek.

“Sudah tiga hari gelombang laut tinggi, hingga kami tidak bisa mencari rezeki. Kita prediksikan cuaca ini sampai satu pekan ke depan,” kata seorang nelayan, Leman, saat bincang-bincang bersama¬†aceHTrend di lokasi, Minggu petang (8/12/2019).

Ia menambahkan, selama ini dia hanya menghidupkan keluarganya dari penghasilan menangkap ikan. Namun jika keadaan seperti ini Leman memilih untuk mencari telur penyu dan menjaring ikan di sungai.

“Cuaca esktrem ini sering terjadi di bulan Desember, bisa dikatakan sudah masuk bulan Januari, nelayan akan kembali normal melaut,” kata ayah dua anak itu.

Dia mengatakan hasil tangkapan di laut diturunkan di mulut sungai (kuala) Gampong Alue Naga, di sana nanti juga sudah ada orang mengambil menggunakan motor (mugee eungkot) dibawa ke pasar Ulee Kareng dan Peunayong.

“Jika kondisi cuaca bersahabat kadang-kadang saya mendapat penghasilan Rp100 ribu, tapi juga tidak dapat apa-apa jika tidak ada hasil tangkapan,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK