FK Unsyiah-RSUZA Gelar Aceh Surgery Update 2019

Simulasi penjahitan pembuluh darah @aceHTrend/Ihan Nurdin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kelompok Staf Medis (KSM) Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Unsyiah-RSUZA Banda Aceh menggelar 3th Aceh Surgery Update 2019. Acara ini dirangkai dengan enam kegiatan workshop, donor darah, lomba foto Instagram, lomba penulisan paper, dan simposium nasional yang dilaksanakan sejak Jumat-Minggu (6-8/12/2019).

Kepala Divisi Ilmu Bedah Toraks Kardio Vaskular/SMF Bedah FK Unsyiah-RSUZA, dr. Yopie Afriandi Habibie SpBTKV, saat ditemui aceHTrend di sela-sela workshop Basic Vascular Suturing (Surgeon Only) di RSUZA mengatakan, pada pertemuan ketiga ini tema yang diangkat yaitu “Tips and Trap in Emergency Surgical Daily Practice”. Melalui keenam workshop yang digelar tersebut akan memaparkan informasi-informasi terkini terkait perkembangan ilmu bedah.

“Melalui workshop (basic vascular) ini kita menyuguhkan informasi khususnya kepada dokter spesialis bedah umum mengenai teknik penjahitan pembuluh darah secara baik, benar, dan aman,” ujarnya, Jumat (7/12/2019).

Spesialis bedah umum kata dr Yopie juga berkompeten untuk melakukan tindakan bedah yang sudah baik, misalnya untuk luka pembuluh darah di tangan, atau melakukan operasi untuk akses cuci darah.

Khusus workshop Basic Vascular Suturing (bedah pembuluh darah) kata dia, diikuti belasan dokter dari berbagai rumah sakit yang ada di Aceh seperti dari Bireuen, Langsa, hingga Kutacane. Bahkan ada juga peserta yang berasal dari Sulawesi.

Workshop ini menghadirkan instruktur dari Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr Med dr Puruhito, SpB, SpBTKV(K). Selain itu juga terdapat tiga instruktur lainnya dari RSUZA, yaitu dr. Yopie Afriandi Habibie SpBTKV, FIHA, FICS, FACS; dr Fahrul Junaidi SpB (K) V; dan dr Suhardi SpBTKV.

Sementara lima workshop lainnya, yaitu Hemorrhoid Ligation Band Using PILA (teknik bedah pasien wasir); Basic Wounds Care (teknik perawatan luka); Bandaging and Splinting (berkaitan dengan ortopedi); Hot and Controversy Issue in Circumcision for Boys and Girls (kontroversi sunat pada laki-laki dan perempuan); dan Snake Bite Management (gigitan ular).

Semua workshop tersebut digelar di RSUZA pada Jumat (7/12/2019), sedangkan untuk simposium nasional berlangsung di Fakultas MIPA Unsyiah hari ini, Minggu (8/12/2019).[]

KOMENTAR FACEBOOK