Gayo Art Carnival Berlangsung Meriah

ACEHTREND.COM, Takengon – Pembukaan Festival Danau Lut Tawar yang diawali dengan pawai budaya “Gayo Art Carnival” berlangsung meriah. Sedangkan rangkaian acara seremonial akan dibuka malam nanti, Minggu (8/12/2019).

Pawai yang berkonsep fashion show ini digelar di Jalan Yos Sudarso, depan Lapangan Sekdakab Aceh Tengah. Acara ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Bidang Seni dan Bahasa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Suburhan.

Menariknya, karnaval ini menampilkan berbagai kostum adat Gayo tradisional dan modifikasi yang merupakan hasil desain seniman lokal.

Suburhan mengatakan, Gayo Art Festival merupakan upaya memberi inspirasi dan motivasi bagi seniman di bidang desain. Tentunya untuk mengapresiasi hasil karya mereka dan mempromosikan baju adat Gayo di Aceh Tengah yang memiliki nilai-nilai luhur yang tinggi.

“Adanya wadah bagi seniman untuk menampilkan karya inovasinya, disaksikan langsung masyarakat dan dipublikasikan secara massal oleh media. Dengan kegiatan seperti ini tentulah akan memperkuat promosi Aceh Tengah sebagai daerah ‘Glorious Heritage’ di samping keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki,” kata Suburhan.

Kegiatan Gayo Art Carnival disambut meriah oleh pengunjung yang hadir menyaksikan langsung atraksi puluhan peserta berasal dari pelajar, komunitas, dan sanggar seni se-Aceh Tengah. Para peserta menampilkan kostum adat khas Aceh Tengah dengan beragam motif dan bentuk yang mengangkat latar belakang potensi alam dan khazanah budaya Gayo.

Puluhan peserta Gayo Art Carnival tersebut tampil bergiliran menunjukkan kostum terbaiknya di hadapan tim juri yang menilai langsung. Mereka nantinya yang menentukan juara karnaval kategori Best Kostum dan Best Team yang kemudian diumumkan pada malam penutupan Festival Danau Lut Tawar pada (10/12/2019).

Sejumlah hadiah uang tunai dan plakat telah disiapkan oleh panitia untuk mengapresiasi hasil karya para seniman ini.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK