Gulai Jruek Drien yang Bisa Bikin Ketagihan

Gulai jruek drien via Cookpad

Berbicara kuliner khas Aceh memang tidak akan habisnya. Begitu banyak kuliner khas Aceh yang menggugah selera, mulai dari minuman, kue-kue, bahkan kuliner masakan seperti gulai. Ada satu kuliner yang tergolong spesial dan langka di Aceh, bahkan tidak semua kabupaten/kota di Aceh memiliki kuliner khas ini, yaitu gulai jruek drien (asam durian).

Nah, yang membuat gulai ini berbeda dengan gulai khas Aceh lain adalah asam duriannya. Asam durian sendiri dibuat dari daging durian yang difermentasi ke dalam wadah tertutup, daging durian tersebut akan disimpan beberapa hari hingga menjadi jruek drien (tempoyak durian) yang rasanya asam.

Semakin lama disimpan semakin asam dan pekat, maka kualitas jruek drien pun semakin bagus. Jruek drien sendiri pun hanya bisa ditemui di musim durian tiba saja. Itulah yang membuat gulai jruek drien ini menjadi langka.


Bagi masyarakat Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat, jruek drien biasanya dibuat untuk mengatasi banyaknya durian kalau lagi musim. Sehingga daging durian yang sangat banyak dibuat menjadi asam durian sebagai bahan masakan. Bahkan tak jarang masyarakat di wilayah Aceh Barat ketika musim durian tiba ada juga yang membuat dodol durian yang dijadikan makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Untuk gulai jruek drien hanya ada di daerah pesisir barat selatan Aceh saja. Kuliner ini berasal dari Aceh Selatan. Namun seiring berjalannya waktu kuliner ini hampir bisa ditemui di semua daerah di pesisir barat selatan Aceh.

Gulai jruek drien ini juga hampir sama dengan gulai pliek u, gulai ini banyak berisikan sayur-sayuran, yang membedakan hanya ada tambahan asam durian. Terong hijau, kacang panjang, daun kunyit, daun pakis, daun tapak leman, serai, cabe hijau, daun melinjo, dan daun jeruk purut, merupakan bahan-bahan membuat gulai jruek drien. Semua bahan tadi diiris atau dipotong kecil-kecil sesuai selera.

Tak lupa juga bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan kunyit secukupnya kemudian dihaluskan untuk menjadi bumbu masakannya.

Setelah semua bahan disiapkan, kemudian bahan dan bumbu tadi dicampur di dalam wajan. Jangan lupa untuk memasukkan jruek drien tadi dan memasukkan santan sebagai bahan kuah gulainya. Gulai jruek drien akan terasa sempurna jika ditambahkan campuran udang, dan jangan lupa berikan garam secukupnya sebagai penyeimbang antara rasa asam, pedas, manis dan asinnya gulai.

Jika semua bahan telah disiapkan, gulai jruek drien siap dimasak. Tunggu hingga beberapa menit sampai sayuran terasa empuk. Jika sudah terasa empuk maka gulai siap untuk disantap.

Aroma wangi gulai jruek drien begitu menggugah selera, membuat siapa saja yang menciumnya akan bersegera untuk mencicipinya. Gulai jruek drien terasa nikmat disantap dengan nasi yang masih panas. Tapi mungkin bagi pemula gulai jruek drien ini akan terasa beda di lidah, tetapi jika sudah terbiasa maka kita akan dibuat ketagihan dengan rasa gulai ini.

“Selain jadi masakan hidangan keluarga, jruek drien juga mudah ditemui ketika ada acara-acara kenduri,” ujar Rasimah, salah seorang warga Aceh Barat kepada aceHTrend saat dihubungi via telepon Jumat, (6/12/2019).

Bagi wisatawan jika berkunjung ke Aceh jangan lupa menyantap makanan khas paling fenomenal ini. Tapi jangan mencari saat musim durian usai, pasti akan sulit mendapatkan kuliner yang satu ini.[]

Editor : Ihan Nurdin