Ma’had Aly Babussalam Gelar Seminar Pengobatan Berbasis Alquran

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Aceh Utara menyelenggarakan seminar dengan tema ‘Argumentasi Tafsir Terhadap Metode Pengobatan Melalui Pembacaan Ayat-Ayat Alquran” pada di Aula Ma’had Aly Babussalam, Minggu (8/12/2019).

Seminar ini menghadirkan Tgk Mukhlis Al-Asyi, pakar pengobatan melalui pembacaan ayat-ayat Alquran yang juga direktur Rumah Sehat “Peugleh Hatee” sebagai pembicara.

Mudir Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah, Tgk T Zulkhairi mengatakan, seminar ini diselenggarakan untuk membekali para mahasantri agar memiliki kemampuan menjadikan ayat-ayat suci Alquran sebagai media pengobatan.

“Kita coba bekali para mahasantri pengetahuan tentang pengobatan melalui pembacaan ayat-ayat Alquran dengan tujuan memberikan pemahaman bahwa Alquran adalah sumber dari semua problematika manusia. Apalagi, Ma’had Aly Babussalam mengambil konsentrasi Tafsir dan Ilmu Tafsir sesuai SK Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama Republika Indonesia,” kata Zulkhairi yang juga dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini.

Sementara itu, Tgk Mukhllis dalam materinya menyampaikan, Islam telah mengatur seluruh sendi kehidupan. Dari hal yang paling kecil sampai hal yang paling besar. Termasuk di antara yang diatur adalah pengobatan melalui pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

“Lebih seratus hadit yang mengungkapkan tentang ruqyah. Dalam Alquran dan kitab-kitab tafsir juga banyak keterangan tentang pengobatan ruqyah. Baik berupa pernyataan, penganjuran, maupun penerapan,“ ujar Tgk Mukhlis.

Dalam tafsir surat Al-Fatihah saja, kata Tgk Mukhlis, misalnya dari penamaannya saja sangat jelas bahwa Al-Fatihah adalah surat Alquran yang boleh digunakan untuk ruqyah. Karena di antara dua belas nama surat ini yang masyhur termasuklah ruqyah.

Dalam seminar ini, Tgk Mukhlis juga mengajarkan para mahasantri mengenai ayat-ayat yang bisa dibaca sebagai media pengobatan berbasis Alquran. Ia juga mengatakan, bahwa semua penyakit bisa diobati dengan ayat-ayat Alquran dengan izin Allah.

Acara ini dihadiri oleh seratusan mahasantri Babussalam Al-Hanafiyyah. Ma’had Aly Babussalam yang mengambil jurusan Tafsir dan Ilmu Tafsir memperoleh izin operasional dari Kementerian Agama beberapa bulan yang lalu.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK