Bicarakan Kemungkinan Kerjasama, Kedubes Rusia Kunjungi Kadin Aceh

Direktur Eksekutif Kadin Aceh Juanda Djamal, (kedua dari kiri) berfoto bersama pihak Kedubes Rusia, di Kantor Kadin Aceh, Selasa (10/12/2019). Foto: for aceHTrend.

ACEHTREND.COM,Banda Aceh-Perwakilan Kedutaan Besar Rusia berkunjung ke kantor Kadin Aceh, Lampriet-Banda Aceh, Selasa (10/12/2019). Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut atas partisipasi Kedutaan Rusia pada Aceh Business Summit, April 2019, yang diselenggarakan oleh Kadin Aceh.

Perwakilan Rusia dipimpin oleh Andrey Mogilevtsev, Counsellor, dan Maria Mitsura, Senior expert pada perwakilan perdagangan Federasi Rusia di Indonesia. Sedangkan di pihak Kadin hadir Suraiya IT, Wakil Ketua Bagian Hubungan Luar Negeri, Eva Susanti Ketua komite UMKM, dan Juanda Djamal, Direktur Eksekutif Kadin Aceh.

Pada pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut, Andrey yang memulai pembicaraan menyampaikan maksud mereka untuk menjajaki peluang investasi di Aceh. Menurutnya, selama ini banyak pihak melakukan investasi di Pulau Jawa, jadi pihaknya ingin melakukannya di luar Pulau Jawa.Dilihat dari jarak, Aceh lebih dekat ke Rusia jika menggunakan pengapalan.

“Terus terang kami ingin tahu lebih banyak tentang Aceh,” kata Andrey.

Sedangkan Maria, karena perdagangan adalah perannya, maka ada banyak hal yang disampaikan terutama produk-produk Rusia yang dipasarkan di Indonesia, seperti peralatan media, mesin-mesin industri, pupuk dan sebagainya. Termasuk juga menyampaikan program kebudayaan, menyediakan sekitar 150 beasiswa untuk pelajar Indonesia belajar di universitas-universitas di Rusia.

Suraiya IT, mewakili Ketua Umum, Muzakkir Manaf, menyampaikan penghargaan atas kunjungan pihak Kedutaan Rusia ke kantor Kadin Aceh. Ada banyak informasi yang disampaikan, antara lain eksplorasi minyak dan gas, energy geothermal dan hydro power plant, juga sektor pertanian seperti minyak atsiri, rempah-rempah, dan bahkan refineri CPO.

Suraiya menyampaikan, Kadin Aceh tetap tetap ingin memberdayakan usaha kecil menengah karena UKM menjadi jalan terhadap bangkitnya ekonomi rakyat.

“Kita sedang kuatkan fondasi perdagangan, bisnis, investasi dan industri, supaya lapangan kerja dan pendapatan masyarakat meningkat. Sehingga generasi selanjutnya dapat memajukan dan memakmurkan Aceh,” sambung Juanda Djamal.

Juanda juga mengatakan pihaknya perlu dukungan untuk membangun master plant kota baru di Aceh. Kadin Aceh ingin menjadikan Kota Jantho sebagai new town Aceh masa depan.

“Kalau ada ahli perancang kota baru, mari terlibat dengan kami, ajak Juanda. []

KOMENTAR FACEBOOK