Pemkab Abdya Panen Raya Padi Varietas Mira 1

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan unsur forkopimkab melakukan panen raya padi varietas Mira 1 pada musim tanam (MT) gadu 2019 yang berlokasi di lahan sawah milik Kelompok Tani Beudoh Sepakat, Gampong Pisang, Kecamatan Setia, Selasa (10/12/2019).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin mengatakan, panen raya padi ini dilakukan dengan mengunakan alat mesin pertanian combine harvester. Operatornya langsung dilakukan oleh Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, bersama Kapolres Moh Basori SIK.

Menurutnya, Kabupaten Abdya saat ini sedang memasuki musim panen raya padi dengan luas lahan tanam mencapai 10 ribu hektare lebih yang tersebar di sembilan kecamatan dengan hasil ubinan sementara 7,8 ton per hektare.

“Hasil ubinan sementara yang kita ambil pada lahan sawah Kelompok Tani Beudoh Seupakat sekitar 7,8 ton per hektare. Mudah-mudahan hasilnya terus meningkat di lokasi kecamatan lain,” ungkapnya.

Dinas Pertanian Abdya sengaja memilih lokasi panen raya di Gampong Pisang, lantaran kelompok tani tersebut ada kegiatan bantuan benih padi varietas Mira 1 dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Kegiatan bantuan itu juga sebagai wujud kerja sama Pemkab Abdya dengan Fakultas Pertanian Unsyiah yang dimotori oleh Prof Lukman Hakim.

Dalam kegiatan panen raya tersebut, turut hadir Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, Wakil Bupati, Muslizar MT, Kapolres AKBP Moh Basori SIK, Dandim 0110 Letkol Czi M Ridha Has, dan Kajari Abdya Nilawati, serta kepala SKPK lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin