Bawaslu Expo Dinilai Efektif Edukasi Masyarakat terkait Pemilu

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menilai pelaksanaan Expo Bawaslu (Panwaslih) Aceh yang digelar pada 8-10 Desember 2019 sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait kepemiluan. Hal ini terlihat dari tingginya animo masyarakat untuk mendatangi lokasi expo, apalagi dikemas dengan panggung seni yang menampilkan musisi-musisi lokal Apache 13, Joel Pasee, dan lain-lain.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Pengawasan Panwaslih Provinsi Aceh, Marini, menyebutkan bahwa nilai edukasi tentang pemilu pada Bawaslu Expo 2019 ini berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan tingginya animo masyarakat yang hadir, tidak hanya sekadar melihat pajangan foto kegiatan, tetapi juga ingin mengetahui lebih jauh tentang lembaga Panwaslih serta capaian kinerja yang telah dilakukan sepanjang tahapan Pemilu 2019.

“Syukur alhamdulillah kami ucapkan, bahwa kegiatan ini mempunyai dampak baik bagi khalayak ramai. Insya Allah ke depan kami akan tingkatkan lagi peran dan kinerja kelembagaan di mana kami berada ini serta kegiatan serupa akan kami upayakan lebih baik lagi,” ungkap Marini melalui siaran pers, Rabu (11/12/2019).

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 8-10 Desember 2019. Panwaslih Aceh dan Panwaslih Kabupaten/Kota telah menampilkan hasil pengawasan yang dilakukan sejak tahapan pelaksanaan pemilu dilakukan. Penyampaian hasil ini dikemas dengan mengunakan foto-foto kegiatan pengawasan, video visual, dan juga dikemas dalam infografis data penegakan hukum pemilu yang menghiasi dinding-dinding stan kabupaten/kota dan Provinsi.

Kegiatan ini dibuka pada Minggu, 8 Desember 2019 oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin. Dalam Pembukaan yang dihadiri ratusan pengunjung tersebut, Afif menjelaskan sesuai dengan nama Darussalam yang berarti daerah yang penuh keselamatan dan  kedamaian, hal ini telah dibuktikan masyarakat Aceh melalui pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Pada malam penutupan, Panwaslih Aceh juga mengumumkan pemenang yang mendapatkan kategori stan menarik dalam pelaksanaan Bawaslu Expo 2019. Penilaian ini mengunakan indikator terhadap ketersediaan dokumen dan data informasi, penyajian brosur/leflet dan infografis, serta tampilan foto dan video dalam semua tahapan pelaksanaan pemilu dilakukan dan dalam capaiannya.

Adapun peraih penghargaan dimenangkan oleh stan Kota Lhokseumawe sebagai juara I, Aceh Tengah sebagai juara II, dan Kota Langsa peraih juara III.

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Fahrul Rizal Yusuf, yang mewakili Ketua Panwaslih Aceh. Dalam penutupannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada di Aceh atas terlaksananya Pemilu 2019 yang aman dan damai di Aceh.

“Bawaslu Expo ini diharapkan dapat menjadi bahagian dari ajang edukasi kepada masyarakat terhadap hasil-hasil pengawasan dan penegakan hukum selama pelaksanaan pemilu di Aceh,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK