Muslizar Serahkan Bantuan untuk Santri Korban Kebakaran Dayah Darussalam Aceh Selatan

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, bersama Kepala Dinas Sosial, Ikhwansyah, dan Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, menyerahkan bantuan untuk para santri korban kebakaran di Dayah Darussalam Kabupaten Aceh Selatan yang terjadi pada Senin (9/12/2019).

Bantuan tersebut langsung diterima oleh Pimpinan Dayah Darussalam, Abi Hidayat, di Dayah Darussalam, Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Rabu (11/12/2019).

“Yang pertama kita sebagai Pemerintah Kabupaten Abdya ikut berduka atas musibah yang menimpa para santri di Dayah Darussalam Aceh Selatan. Semoga para santri diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini,” ungkap Muslizar.

Dirinya berharap masyarakat terus membantu meringankan beban para santri yang sedang dilanda musibah. Sebab, dengan musibah kebakaran ini banyak santri yang kehilangan tempat tinggal (rangkang).

“Semoga bantuan dari masyarakat terus mengalir kepada santri-santri yang ada di Darussalam. Sebab mereka sangat membutuhkan bantuan–bantuan tersebut, apalagi pakaian dan kelengkapan alat masak,” ujarnya.

Muslizar mengimbau seluruh relawan dan komunitas yang ada di Abdya, dan di Aceh umumnya bahkan Indonesia, agar terus melakukan penggalangan dana untuk membantu dayah tersebut.

“Dayah ini adalah milik kita bersama, jadi sudah kewajiban kita untuk membantu, apalagi di Dayah Darussalam bukan hanya putra dan putri Aceh Selatan saja yang menuntut ilmu di sini, tetapi santri seluruh Aceh bahkan tingkat Indonesia juga ada di dayah ini,” sebut Muslizar.

Ia menambahkan, bilik atau rangkang santri yang terbakar tersebut dulunya dibangun oleh orang tua atau wali santri masing-masing. Oleh karena itu, dirinya berharap agar ke depannya bilik-bilik tersebut dapat dipermanenkan bangunannya.

“Dulu bilik-bilik yang terbakar ini dibangun sendiri oleh para wali santri masing-masing, jadi wajar jika bangunannya sudah menua. Namun demikian, besar harapan kita semua agar bilik-bilik ini nantinya dapat dibangun secara permanen berkat bantuan kita semuanya. Oleh sebab itu saya mengajak agar semua pihak ikut membantu pesantren yang dibangun oleh Abuya kita bersama ini,” harap Muslizar.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Abdya melalui Dinas Sosial, yaitu 10 zak beras, 25 lembar kain sarung, 10 liter minyak goreng, 10 papan telur, lima paket tas, 1 buah peralatan makanan, 6 lembar handuk, 5 lembar selimut, 20 buah peci, dan 20 kotak minuman kemasan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 50 unit rangkang santri di Pondok Pesantren Darussalam di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan hangus terbakar, Senin dini hari (9/12/2019).

Menurut keterangan Pimpinan Dayah Darussalam, Abi Hidayat, kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Sebab selain fasilitas rangkang yang terbakar, kitab-kitab santri dan yang lainnya juga ikut terbakar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK