Asa Mariati Pada Muslizar agar Memiliki Rumah Layak Huni

Kondisi rumah Mariati @ist

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Jarum jam sudah menunjukkan angka pukul 22.00 WIB, Jumat (13/12/2019). Tiba-tiba Facebook orang nomor dua di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, mendapatkan pesan masuk dari akun Naja Muhammad Hafidz.

Kepada Muslizar, Naja Muhammad Hafidz melaporkan terkait adanya warga Gampong Pantee Raja, Kecamatan Manggeng yang hingga kini masih tinggal di gubuk reot bersama dengan dua orang anaknya.

“Assalamualaikum Pak, maaf sebelumnya, ka langsong tekirem bak bapak. Kiban menurut bapak rumoh ibuk nyoe?” tulis Naja dalam inbox yang dikirim ke Muslizar serta selembar foto rumah milik Mariati.

Mendapatkan informasi itu, Muslizar yang saat itu berada di Pendopo Wakil Bupati Abdya, di Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, langsung menelepon Camat Manggeng, Hamdani, guna mengecek langsung lokasi rumah tersebut.

Setelah mendapatkan informasi terkait keberadaan rumah tersebut, Muslizar langsung bergegas menuju ke lokasi. Setiba di sana, ia disambut langsung oleh Camat Manggeng, perangkat gampong, dan Mariati (50), janda dua anak yang tinggal di rumah berdindingkan pelepah rumbia dengan pintu yang terbuat dari anyaman daun kelapa.

Bagi Mariati, gubuk reot yang berukuran 2×3 meter tersebut adalah istana tempat ia mendidik, mengasuh, dan membesarkan dua anak perempuannya yang kini masih duduk di bangku SD dan SMP.

Di rumah berlantaikan tanah dan bertiang bambu itu, Mariati hanya memanfaatkan beberapa buah pelita sebagai penerang istana kecilnya. Sebab rumah sekaligus dapur tersebut tidak memiliki arus listrik. Mariati sendiri sudah lama menjanda sejak ditinggal cerai sang suami.

Setelah bercerita panjang lebar terkait perjalanan hidupnya kepada Muslizar, Mariati yang sehari-harinya bekerja serabutan menaruh harapan kepada Muslizar agar dibangun rumah layak huni untuk ditempati bersama dua putrinya.

“Insya Allah, kita akan bangun rumah untuk beliau. Kita akan mencari sumber mana yang bisa segera kita dapatkan, sehingga rumah beliau segera kita bangun dalam waktu dekat ini. Kalau pun tidak ada, maka pembangunannya akan kita lakukan melalui Bungong Jaroe Muslizar MT,” ungkap wabup Abdya.

Namun demkian, kata Muslizar, dirinya sudah mendapatkan donatur yang berkeinginan membangun rumah untuk Mariati. Keinginan donatur tersebut berkat melihat siaran langsung dari Facebook Muslizar MT dan status dari akun Naja Muhammad Hafidh.

“Tadi Ketua Komunitas Konco Trail Abdya, SM Rizka Nazarullah menghubungi saya bahwa mereka berkeinginan untuk membangun rumah tersebut sebagai bentuk amal sedekah kepada ibu Mariati. Amal sedekah itu mereka peroleh dari sedekah anggota komunitas Konco Trail Abdya. Maka pembangunan rumah ini akan kita laksanakan dalam program rumahmu amal ibadahku kerja sama antara Bungong Jaroe Muslizar dengan Konco Trail Abdya,” sebut Muslizar.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat Abdya yang memiliki kemampuan agar senantiasa menyedekahkan hartanya untuk pembangunan rumah Mariati.

“Kepada hamba Allah yang mempunyai kemampuan, kami sangat berharap donasi untuk mempercepat proses pembangunan rumah ibu Mariati,” harap Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK