Keelokan Pantai Kasih Meulaboh “Kalah” oleh Sampah

Ceceran sampah plastik terlihat di Pantai Kasih, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat Sabtu (14/12/2019) @aceHTrend/Sudirman Z

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Pantai Kasih yang berlokasi di Gampong Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat mulai tercemar oleh sampah plastik. Tumpukan sampah plastik di garis pantai tersebut diduga berasal dari aktivitas rumah tangga dan aktivitas ekonomi warga sekitar yang tak ramah lingkungan. 

Kondisi ini terus menjadi sorotan masyarakat. Jika dibiarkan, tentu membuat permasalahan lingkungan di Aceh Barat semakin serius. Di sisi lain, Aceh Barat juga sedang giat-giatnya ingin mendapat sertifikat penghargaan Adipura atau kota yang bersih di Indonesia.

Yulham, salah seorang pengunjung pantai kapada aceHTrend, Sabtu(14/12/2019), mengaku prihatin usai melihat kondisi Pantai Kasih yang tercemar limbah plastik. Menurutnya wilayah itu merupakan titik wisata yang paling sering dikunjungi warga di Kota Meulaboh.

“Lokasi pantai kasih ini sering kita lihat ramai. Banyak yang membawa keluarga bermain di sini. Tapi sudah seperti tempat sampah. Ada bekas minuman, buah-buahan, dan berbagai jenis plastik mungkin ada semua di sini,” kata Yulham.

Yulham mengharapkan, pemerintah cepat membersihkan ceceran sampah tersebut supaya pantai kembali indah dan tidak berdampak kepada warga nelayan pencari udang di sekitar pantai.

“Harapan kita supaya pemerintah menangani secepatnya. Karena kalau tidak, ini semakin jelek kota Meulaboh. Dan juga kasihan kita lihat warga yang mencari udang, mungkin banyak masuk sampah plastik ke dalam jaring mereka,” harap Yulham.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK