Komunitas Seni Kuflet Adakan Workshop Musik Digital  

ACEHTREND.COM, Padang Panjang – Komunitas Seni Kuflet Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumatera Barat setiap pekannya akan mengadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni. Informasi yang diterima aceHTrend, hari Minggu kemarin (15/12/2019), Komunitas Seni Kuflet menggelar workshop musik digital dengan narasumber Dr. Dharmita Soeryana, M. Sn.  

Dalam kesempatan itu Dharmita Soeryana mengatakan, ada tiga jenis musik, yaitu musik analog, digital, dan akuistik. Khusus musik digital mempermudah manusia dalam bekerja. 

“Sistem kerja akuistik tidak menggunakan elektronik. Sedangkan analog menggunakan elektronik, sementara digital menggunakan sistem multimedia,” papar doktor pengkajian teater yang juga dosen Seni Teater ISI Padang panjang itu.

Dharminta menambahkan, musik digital memiliki kelebihan dalam memudahkan kerja, yakni efisien dengan waktu, dana, dan sumber daya manusia karena semuanya dikerjakan melalui komputerisasi. 

Namun mempunyai kelemahannya karena sistem komputerisasi musik yang telah dibuat emosianalnya tidak dapat berubah sementara aktor mungkin setiap saat berubah emosionalnya. Selanjutnya juga tergantung dengan listrik, jika listrik mati tentu tidak dapat beroperasi.

Pendiri Komunitas Seni Kuflet, Sulaiman Juned mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap Minggu, pesertanya tidak hanya anggota Kuflet, tetapi ada juga dari mahasiswa Jurusan Teater, Musik, Kriya, dan DKV ISI Padangpanjang. Tak ketinggalan pula dari mahasiswa FKIP Muhammadiyah UMSB Padangpanjang. 

“Ini tentu agar seluruh anggota Kuflet dapat membuat musik teater. Jika ada penggarapan teater tidak perlu meminta orang di luar Kuflet menjadi penata musik,” tuturnya. 

Sementara itu, Variza Oktavia salah seorang peserta mengungkap rasa senang belajar musik. Menurutnya, belajar musik sangatlah menyenangkan. 

Pemateri setelah memberikan ilmu secara teoritis langsung mengajarkan praktik bagaimana teknis membuat musik teater. Cara pemateri mentransfer ilmu sangat mudah dipahami sehingga secara langsung dapat dipraktikkan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK