Peunayong Kuliner Riverwalk; Tempat Nongkrong Baru di Banda Aceh

Penampakan Peunayong Kuliner Riverwalk di malam hari @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kota Banda Aceh kini telah memiliki destinasi baru yang siap menyambut wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pada Minggu malam (15/12/2019), Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, telah meresmikan Ponten Cafe di kawasan Peunayong Kuliner Riverwalk, bantaran Krueng Aceh yang telah direvitalisasi sebagai pusat kuliner. 

Grand opening cafe pertama yang menempati lokasi Peunayong Kuliner Riverwalk ditandai dengan pemukulan rapa’i oleh Wali Kota bersama Kasdam IM,  Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakota, Bachtiar.

Tepi Krueng Aceh ini telah disulap sangat indah oleh Pemko Banda Aceh. Di sepanjang pinggir sungai telah dibangun pendestrian dan dilengkapi ruang untuk pusat kuliner. Total panjang pendestrian yang sudah dibangun mencapai 215 meter. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah Krueng Aceh sambil menikmati aneka kuliner khas Aceh yang menggugah selera.

Lokasi ini juga sangat cocok untuk tempat berkumpul keluarga, melepas penat setelah seharian disibukkan dengan berbagai aktivitas. Saat malam hari, Peunayong Kuliner Riverwalk semakin indah karena ditrerangi lampu-lampu di sepanjang sungai, membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di lokasi ini.

Aminullah mengatakan, kawasan ini dibangun untuk memberikan ruang bagi pengusaha kuliner yang selama ini berdagang di badan jalan di kawasan Peunayong.

Peunayong Kuliner Riverwalk ini merupakan tindak lanjut dari konsep waterfront city Banda Aceh yang mengandalkan wisata air. Lokasi wisata ini kata dia akan menampung banyak tenaga kerja karena selain Ponten Cafe, juga akan hadir usaha-usaha kuliner lain yang akan mengisi di sepanjang bantaran sungai yang telah dibangun.

“Konsep ini bukan hanya sekadar menarik wisatawan, tapi juga sekaligus mengatasi kawasan kumuh di bantaran Krueng Aceh. Juga akan menampung banyak tenaga kerja,” tambah Aminullah.

Kata Aminullah, tahun depan Pemko akan menambah jalur pendestrian di lokasi ini sepanjang 130 meter lagi sehingga akan banyak pedagang kuliner yang bisa berjualan di lokasi tersebut.

Pusat kuliner ini nantinya akan semakin banyak dikunjungi karena di bekas terminal Keudah, seberang Peunayong Kuliner Riverwalk ini direncanakan akan dibangun mal dan hotel oleh investor dari Malaysia dengan arsitektur bangunannya mirip Twin Tower di Kuala Lumpur.

“Ketika hotel dan mal selesai dibangun nanti, lokasi ini akan semakin hidup karena akan banyak pengunjung yang ingin menikmati kuliner dan menikmati keindahan Krueng Aceh ini,” kata mantan Dirut Bank Aceh ini.

Dalam kesempatan ini, Aminullah menyampaikan pembangunan Peunayong Kuliner Riverwalk ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh.

“Hingga Oktober 2019 ini, wisatawan yang datang ke Banda Aceh hampir menyentuh angka 500 ribu wisatawan. Untuk tahun depan kita targetkan meningkat menjadi 700 ribu wisatawan,” ungkap Aminullah.

Kepada para pedagang dan masyarakat Banda Aceh, Aminullah meminta agar lokasi wisata baru ini dapat dijaga kebersihannya, baik kebersihan lokasi wisata maupun kebersihan Krueng Aceh.

Para pedagang yang membuka usaha kuliner juga diminta dapat memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan yang datang.

“Layanilah tamu kita dengan baik, harus ramah dan menjaga kualitas agar mereka terkesan dan ingin kembali lagi ke lokasi ini,” kata Wali Kota.

Sediakan Kuliner Khas Aceh

Ponten Cafe menjadi cafe pertama yang mengisi area Peunayong Kuliner Riverwalk. 

Owner Ponten Cafe, Said Emil mengatakan pihaknya menawarkan berbagai kuliner, mulai dari aneka kulier Aceh seperti mi Aceh, serabi, timphan hingga menu-menu yang kekinian.

Said Emil sendiri menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota dan Pemko yang telah memberi space bagi pengusaha kuliner untuk menempati Peunyong Kuliner Riverwalk. Konsep tersebut menurutnya merupakan terobosan yang sangat bagus.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Wali, Dinas Koperasi, UKM dan Perindag, UPTD Pasar dan Forum Pedagang Gemilang. Sebelum menempati lokasi ini, kami telah banyak berkomunikasi membahas konsep terbaik agar lokasi ini terlihat indah, rapi dan bersih. Karenanya Ponten Cafe hadir dengan konsep seperti ini di Peunayong Kuliner Riverwalk ini,” ungkap Said Emil yang juga pemilik Gaster Cafe.

Ponten Cafe buka setiap hari setelah asar dan tutup pada pukul 24.00 WIB.[]

KOMENTAR FACEBOOK