Lima Pesan Kapolres Abdya di Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Rencong

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar apel pasukan Operasi Lilin Rencong tahun 2019 di Mapolres Abdya, Kamis (19/12/2019).

Apel tersebut dilaksanakan serentak di seluruh jajaran kepolisian guna memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Natal 2019 dan tahun Baru 2020.

Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK mengatakan, Operasi Lilin Rencong tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat, yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin, 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Untuk fokus pengamanan, kata Kapolres terpusat pada 61.308 objek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

Menurut Basori, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba atau minuman keras harus mendapatkan antisipasi dari semua pihak. Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh kasatker harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait lainnya untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat, guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan di masing-masing daerah.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan kebersamaan ini untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa,” ungkapnya

Kedua, setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Ketiga lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

“Yang keempat laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. Terakhir mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi ini,” pesan Basori.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin tahun 2019.

“Semoga Allah Swt senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan kesehatan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam bingkai persatuan dan kedamaian,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan selasai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Operasi Rencong 2019.

Dalam kegiatan tersebut, ikut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya, M Ridha Has, Ketua Pengadilan, Ketua MPU, Danpos AL, Asisten I Setdakab Abdya, Dansub Pom, Kasatpol PP, Sekretaris Dinkes, Kabid BPBD, Kabid LLAJ, Muspika, serta tamu undangan dan pasukan apel lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK