Pemutaran Film “The Man from the Sea” Warnai Refleksi Peringatan Tsunami Aceh di Bandung

ist

ACEHTREND.COM, Bandung – Ikatan Pemuda Aceh (Ikapa) Bandung bersama Keluarga Masyarakat Aceh-Bandung (KAMABA) mengadakan refleksi 15 tahun tsunami Aceh yang dipusatkan di Asrama Teuku Umar Cicendo, Bandung, Kamis malam (26/12/2019).

Acara ini diawali dengan salat Magrib berjamaah, dilanjutkan dengan zikir, tausiyah, dan doa. Usai acara tersebut dilanjutkan dengan makan mi Aceh bersama dan pemutaran dan diskusi film “The Man From The Sea”.

Film ini mengambil latar pascatsunami di Aceh, menggambarkan bagaimana geliat perubahan yang terjadi di masyarakat dan pembangunan. The Man From The Sea merupakan kolaborasi Jepang-Indonesia, sekaligus memperingati 60 tahun kerja sama kedua negara. Menonton bersama film ini merupakan wujud apresiasi dan ucapan terima kasih kepada dunia yang telah membantu Aceh untuk berbenah. 


Selain untuk merefleksikan bencana dasyat, kegiatan ini juga bertujuan untuk silaturahmi antarpemuda, mahasiswa, dan masyarakat Aceh di Bandung.

“Kegiatan ini merupakan refleksi 15 tahun peringatan tsunami Aceh, yang mana kita semua sangat berduka menghadapi tragedi akbar ini yang telah merenggut sanak saudara dan orang-orang yang kita cintai,” kata Ketua Umum Ikapa, Harisul Amal, melalui siaran pers, Sabtu (27/12/2019).

Walau bagaimana pun kondisinya dulu kata Harisul, Aceh harus bangkit, jangan terlalu terpuruk dalam luka lama.

“Acara ini kita gelar agar kita tidak lupa dengan kejadian ini dan juga mendoakan korban-korban semoga ditempatkan di tempat yang layak. Selain untuk memperingati tsunami, acara ini kami gelar untuk ajang silaturahmi dengan seluruh pemuda dan masyarakat Aceh yang ada di Bandung. Di mana di akhir acara juga kita makan-makan mi Aceh bersama, karena sebagai anak Aceh di rantau, kita sangat rindu dengan masakan dan suasana berkumpul dengan orang-orang Aceh,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin