Temui Ketua DPRA, Konjen India Laporkan Perkembangan Konektivitas Aceh-Andaman

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Courtesy Call Konsul Jenderal India yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, Mr. Raghu Gururaj, Kamis (26/12/2019) menemui Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, S.IP. Gururaj melaporkan sejumlah perkembangan konektivitas Aceh-Andaman dan Nicobar.

Kepada Dahlan, Raghu Gururaj menyampaikan perkembangan kerjasama antara Indoneasia dan India, khususnya dalam hal kerjasama dan konektivitas antara Aceh – Andaman dan Nicobar. Ia mengatakan di level pemerintahan, kedua negara telah membentuk Joint Task Force (JTF) on Connectivity Development Between Aceh – Andaman and Nicobar Islands, yang masing-masing negara beranggotakan dua belas kementerian atau lembaga pemerintah.

Pertemuan JTF pertama dilakukan di Banda Aceh pada 7 Desember 2019 yang menghasilkan beberapa kesepakatan, yaitu pembangunan infrastruktur di Sabang seperti pengembangan pelabuhan, perdagangan dan investasi termasuk investasi pembangunan rumah sakit, kerjasama kelautan dan perikanan, pengembangan konektivitas laut dan udara, dan kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Konjen menginformasikan, rencananya dalam tahun depan Plt Gubernur Aceh dengan sejumlah pejabat terkait akan melakukan kunjungan perdana ke Port Blair, Ibukota Andaman dan Nicobar. Serta akan melakukan penandatanganan sejumlah MoU termasuk MoU di bidang pendidikan tinggi antara kampus Jawaharlal Nehru Rajkeeya Mahavidyalaya (JNRM) di Port Blair dengan tiga universitas di Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Almuslim, dan Universitas Malikussaleh.

Dalam pembahasan kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan, Ketua DPRA menyampaikan harapan, kiranya Pemerintah India berkenan memberikan kuota khusus beasiswa bagi putra/i Aceh yang ingin melanjutkan studi ke India.

Mendengar ini, Konjen menyatakan siap untuk membantu, menfasilitasi harapan dari Ketua DPRA. Bahkan Konjen mengatakan, setiap tahunnya akan diberikan fellowship kepada 15 orang pegawai Pemerintah Aceh yang ingin melakukan pelatihan di berbagai bidang di berbagai lembaga di India.

Dari hasil pertemuan dengan Konjen, Ketua DPRA menyampaikan apresiasi dan berharap adanya komitmen penuh dari Pemerintah India atas kerjasama yang sedang dan akan dilakukan. “Terimakasih banyak Pak Konjen, telah meluangkan waktu mengunjungi kami di DPRA. Mudah-mudahan akan banyak investor India yang melakukan investasi di Aceh,” kata Dahlan.

KOMENTAR FACEBOOK