Ibu Kota Dilanda Banjir, Penerbangan di Bandara Halim Ditunda

Ilustrasi banjir @Istockphoto/ Jaykayl

Jakarta – Sejumlah penerbangan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta mengalami penundaan akibat cuaca buruk dan hujan deras yang terjadi sepanjang hari ini, Rabu (1/1).

Mengutip lansiran CNNIndonesia, sejak pukul 6.30 WIB hingga sekitar pukul 09.00 WIB, belum ada satu pun pesawat yang melakukan penerbangan (take off) dan pendaratan (landing) di bandara tersebut.

“Di bandara tidak ada satu pun pesawat yang landing atau terbang, maupun pesawat kecil atau besar. Di landasan tidak ada aktivitas sama sekali,” demikian diberitakan CNNIndonesia.

“Sejumlah penerbangan dari beberapa maskapai nasional seperti penerbangan Kuala Namu, Samarinda, dan beberapa lain mengalami penundaan. Beberapa pendaratan juga dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta,” sambungnya.

Ratusan penumpang menunggu di bandara karena penerbangan tak juga dilakukan, ada penumpang yang menanti hingga sekitar 2-3 jam akibat penerbangan tak juga dilakukan.

“Pembatalan penerbangan belum ada pengumuman, penerbangan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tadi ada pengumuman penerbangan ke Ambon sudah diberikan penggantian makanan ringan sembari penumpang menunggu,” ungkapnya.

Di awal tahun baru 1 Januari 2020 banjir melanda sejumlah titik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hujan mengguyur sejak Selasa (31/12) sore sampai malam, sehingga pada pergantian tahun baru, Rabu (1/1), banjir sudah menyapa warga di sejumlah wilayah tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan tentang akan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek dan kemungkinan akan terjadi banjir.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari berbagai sumber, berikut wilayah di Jabodetabek yang dilanda banjir pada awal tahun baru 2020:

Bekasi

  • Teluk Pucung Bekasi
  • Pondok Gede Permai
  • Perum Villa Jatirasa
  • Jaka Kencana
  • Kemang Ifi Graha Bekasi
  • Bojongkulur
  • Vijar, Jalan Garuda
  • PPA Jatiasih
  • Jalan Sunan Kali Jaga
  • Perumahan metland Tambun
  • Perumahan harapan permai Bekasi
  • Pondok Kelapa Jakarta Timur
  • Cipinang Jakarta Timur

Bogor
Di Bumi Mutiara, Desa Bojongkulur, dua bangunan di pinggir tebing sekolah Alam Bambu Hitam roboh akibat hujan deras.

Jakarta
– Rumah Sakit TNI AL Dr Mintoharjo, Bendungan Hilir.
– Perumahan Setneg Cempaka Putih
– Kampus Borobudur di Jalan Kalimalang
– Kelurahan Gedong di Pasar Rebo
– Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur
– Cengkareng Barat
– Tamini Square
– Jalan DI. Panjaitan
– TL. Arion Jalan Pemuda
– Perumahan Palad Pulo Gadung
– Kampung Tengah Kramat Jati
– Rawa Buaya
– Tanjung Duren
– Kompleks BPPT Meruya
– Kawasan Pulogadung
– Pulomas

Tangerang
– Perumahan Pulo Indah
– Cipondoh

BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Warga diharapkan untuk siaga dan bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan banjir.

Tak hanya di Jabodetabek, sebelumnya banjir juga terjadi di beberapa wilayah seperti Labuhan Batu-Sumatera Utara, Lahat- Sumatera Selatan, Bandung Barat dan Jalan Tol Cipali km 136 Indramayu di Jawa Barat.[] Sumber : CNNINdonesia

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK