Saryulis–M Al Firdaus Terpilih Jadi Ketua dan Wakil HMP Bahasa dan Sastra Arab

Ketua dan Wakil HMP terpilih se-FAH UIN Ar-Raniry periode 2020-2021 @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pasangan Saryulis – M Al Firdaus terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry periode 2020-2021.

Pasangan ini terpilih setelah berhasil unggul atas pasangan nomor urut 2, Moulidia-TM Haikal Maulana pada Pemilihan raya (pemira) yang digelar di pelataran Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Selasa (31/12/2019).

Dalam pemilihan tersebut, pasangan Saryulis – M Al Firdaus memperoleh 169 suara, sedangkan pasangan Moulidia-TM Haikal Maulana memperoleh 87 suara. Sementara 4 suara lainnya dinyatakan rusak.

“Dalam pemilihan kali ini, hanya 260 orang mahasiswa yang memberikan hak suara dari total 394 mahasiswa aktif. Setelah perhitungan, pasangan Saryulis – M Al Firdaus unggul dari pasangan Moulidia-TM Haikal Maulana,” kata Juliwan Mafazan, Ketua KPR mahasiswa FAH UIN Ar-Raniry melalui keterangan tertulis.

Sebelumnya, kata Juliwan dalam pesta demokrasi ala mahasiswa tersebut juga ditetapkan secara aklamasi pasangan Fahrul Fadhilah–Ammar Makruf sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMP Sejarah Peradaban Islam sedangkan untuk Ketua dan Wakil Ketua HMP Ilmu Perpustakaan dipercayakan kepada calon tunggal pasangan Tegar M Husni dan Irfan Munadi.

“Pada pemira serentak kali ini, hanya HMP Bahasa dan Sastra Arab yang mempunyai dua pasangan calon, selainnya hanya ada ada satu pasangan calon dan akhirnya ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua HMP masing-masing Prodi dilingkungan FAH UIN Ar-Raniry,” kata Juliwan.

Untuk Musyawarah Besar (Mubes) Pemilihan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry masing-masing akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Januari 2020 mendatang.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FAH UIN Ar-Raniry, Drs Anwar MHum dalam arahannya mengingatkan para mahasiswa dan pimpinan lembaga yang baru saja ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua HMP se-lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, bahwa berbeda pendapat, pandangan atau pilihan dalam sebuah pemilihan itu adalah hal yang wajar, karena merupakan bentuk kebebasan seseorang dalam menentukan pilihan dan menunjukkan bahwa proses demokrasi di kampus berjalan.

“Beda pilihan adalah hal yang wajar, tapi jaga silaturrahmi dan jangan saling membenci. Yang menang harus saling merangkul karena persaingan dan dinamika di dalam pemilihan harus dijadikan pelajaran serta pemilihan yang berjalan lancar ini menandakan bahwa proses demokrasi di kampus berjalan,” katanya.

Lebih lanjut, di hadapan para ketua lembaga yang terpilih, Anwar juga berpesan agar senantiasa menjaga amanah yang diberikan oleh mahasiswa.

“Ketua terpilih bukan milik satu orang, kelompok, angkatan tetapi milik semua mahasiswa yang ada dalam prodi yang saudara pimpin khususnya dan seluruh mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora pada umumnya oleh karena itu ketua yang terpilih harus bertanggungjawab untuk membangun organisasi dan melakukan pergerakan,” kata Anwar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK