Makam Sultan Aceh di Sudut Warung Bakso

Sadri Ondang Jaya, wartawan aceHTrend liputan Aceh Singkil, saat sedang berada di komplek makam Sultan Jamalul. Foto: Ist.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh–Warung bakso Hendra Hendri merupakan salah satu tempat menikmati baso yang terkenal di Banda Aceh. Akan tetapi sedikit orang yang mengetahui bila tidak jauh dari sana terdapat makam Sultan Aceh Jamalul Alam Badrul Munir.

Mengobati rasa penasaran, wartawan aceHTrend liputan Singkil berkunjung ek warung bakso Hendra-Hendri, Minggu (5/1/2020). Warung yang sudah berjualan kuliner berkuah tersebut sudah dibuka sejak tahun 80-an.

Seusai menyantap bakso, aceHTrend mencoba menelisik lokasi pasti letak makam sang sultan. Alhamdulillah, tidak begitu lama, makam yang dituju pun berhasil ditemukan.

Ketika aceHTrend memasuki kompleks makam, terdapat tiga nisan di sana. Dua di antaranya saling berdampingan, di bawah cungkup beton. Di dinding tertera plakat berikut penjelasan singkat bahwa nisan-nisan tersebut milik Sultan Jamalul Alam Badrul Munir dan sekilas kisah hidupnya.

Berdasarkan isi plakat dan referensi sejarah, Jamalul Alam Badrul Munir, termasuk salah satu sultan Kerajaan Aceh Darussalam yang sangat berpengaruh dan hebat ketika itu.

Konon katanya, Sultan Jamalul Alam Badrul Munir naik tahta pada 1704 Masehi. Saat kepemimpinannya, rakyat Aceh sangat makmur dan sejahtera.

Namun karena dinamika politik dan kekuasaan, kepemimpinannya diusik oleh ulee balang sehingga terjadi pemberontakan sepanjang 1708-1726.

Jamaloy sendiri melarikan diri ke Pidie dan kepemimpinannya diambil alih oleh Maharaja Lela (1727-1735), raja asal Bugis. Jamaloy mencoba merebut kembali kerajaan setelah Raja Lela mangkat. Tetapi tidak berhasil karena diserang oleh Pocut Ue, Putra Mahkota Maharaja Lela.

Setelah selesai ziarah di Makam Sultan Aceh Jamalul Alam Badrul Munir, aceHTrend menuju Masjid Raya Baiturrahman yang jaraknya tak terlalu jauh dari makam. Jarak dua situs penting tersebut sangat dekat.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK