Nilai-nilai Islam Penting Ditanamkan dalam Mendidik Generasi Era 4.0

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Meureudu – Memperingati puncak ulang tahun yang ke-32, Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Pidie Jaya menggelar seminar pendidikan dan khanduri thon yang berlangsung di dayah tersebut, Senin (6/1/2019).

Seminar yang mengusung tema “Mewujudkan Kader Islami di Era Revolusi Industri Berbasis Teknologi Digital” itu menghadirkan dua pemateri, yaitu Dr Ajidar Matsyah LC MA dari Majelis Pendidikan Aceh; dan Drs H M Daud Pakeh selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh.

Dr Ajidar dalam kesempatan itu menjelaskan pentingnya menanamkan nilai Islam dalam pendidikan generasi yang menguasai industri 4.0 dewasa ini.

“Dakwah Rasulullah selama di Kota Mekkah berlangsung 13 tahun, di sini Rasul menanamkan karakter akidah dan akhlak. Tumbuhnya peradaban Islam abad ke-15 karena nilai-nilai Islam berhasil diterapkan, maka untuk menuju keberhasilan pendidikan, kita harus menanamkan nilai Islam sebagai metode Rasulullah,” katnaya

Ia juga mengingatkan bahwa Islam sangat mendukung kemajuan teknologi, namun kemajuan teknologi tidak mampu mengubah kesakralan Alquran dan hadis.

Sementara itu, Daud Pakeh menjabarkan bahwa praktik pendidikan karakter bukan lagi barang baru. 

“Hari ini Kemenag Aceh sangat serius memperhatikan dan memperbaiki berbagai madrasah yang ada di pedalaman Aceh,” ujarnya.

Ia memberikan contoh konkret bagaimana nilai-nilai Islam itu tengah diterapkan pada beberapa murid binaan Kemenag, salah satunya membangun madrasah di Aceh Tamiang yang sudah didokumentasikan melalui film Cahaya di Atas Bukit.  

Kegiatan seminar juga dihadiri oleh unsur pimpinan Dayah dan para kepala madrasah di Kabupaten Pidie Jaya Pada malamnya, Keluarga besar Dayah Jeumala Amal bersama masyarakat menggelar kenduri thon sebagai ekpresi rasa syukur atas rahmat dan berkah yang Allah berikan kepada DJA selama ini, acara ini ditutup dengan doa bersama.

Direktur Dayah Jeumala Amal, Drs Hamdani Ar melalui siaran pers yang diterima aceHTrend mengatakan, selama ini dayah tersebut telah menuai berbagai prestasi. Ia berharap ke depan Jeumala Amal bisa lebih maju apalagi sudah mendapatkan ISO sebagai bentuk keseriusan agar bisa bersaing di tingkat nasional.[]

Editor : Ihan Nurdin