Pemkab Abdya Bahas Jadwal Musim Tanam Rendengan 2020

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menargetkan panen raya padi musim tanam (MT) rendengan tahun 2020 pada bulan Mei mendatang. Target tersebut sesuai dengan hasil kesepakatan antara pemkab dengan para petani Abdya yang diwakil oleh keujruen blang, hob keujruen, keujruen chik, serta pihak terkait lainnya dalam musyawarah terkait jadwal turun ke sawah MT rendengan tahun 2020 di Aula BPP Blangpidie, Rabu (8/1/2020).

Musyawarah ini dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Wakil Bupati Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, serta Kepala Distanpan Abdya dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Forum menyepakati bahwa pada minggu pertama dan kedua bulan Januari ini akan dilaksanakan kenduri Ulee Lhueng di sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Abdya.

Kemudian, dalam minggu pertama hingga minggu ketiga Januari dilakukan pembersihan tali air. Sementara minggu kedua Januari hingga minggu keempat Februari mulai dilakukan pengolahan tanah. Untuk penyemaian benih dijadwalkan pada minggu keempat Januari hingga minggu keempat Februari.

Dalam musyawarah itu, forkopimkab Abdya juga menyepakati pada minggu ketiga Februari hingga minggu keempat Maret dijadwalkan masa penanaman, dengan waktu pemeliharaan ditargetkan awal Maret hingga minggu ketiga bulan April. Sedangkan untuk masa panen ditargetkan minggu ketiga April hingga akhir Mei 2020.

Selain menetapkan jadwal, dalam musyawarah tersebut juga membicarakan berbagai kendala yang dialami oleh sebagian petani di sejumlah kecamatan. Kendala yang menjadi prioritas yang disampaikan para petani, yaitu terkait saluran air dan beberapa irigasi yang jebol pascahujan dan banjir.

Menanggapi sejumlah kendala itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim menegaskan akan melakukan langkah penanganan yang melibatkan segala unsur terkait agar tidak terjadi hambatan serta jadwal yang sudah disepakati berjalan dengan lancar.

“Semua laporan akan kita sikapi dan kita lakukan penanganan dengan tanggap darurat, di samping segala  alsintan akan kita kerahkan dari hand traktor, traktor 4WD, Combine, supaya target kita pada bulan Mei sudah masuk masa panen,” ujar Akmal.

Akmal juga meminta keseriusan para petani serta pihak terkait lainnya untuk menindaklanjuti hasil musyarawah tersebut.

“Hasil musyawarah sudah kita sepakati, jadi harus kita jalani bersama-sama,” pinta Akmal.[]

Editor : Ihan Nurdin