Aneka Tanaman Buah Ditanam di Kompleks Mapolda Aceh

Banda Aceh – Jajaran Kepolisian Daerah Aceh menanam pohon di halaman belakang Mapolda Aceh dalam agenda tanam pohon serentak program Polri Peduli Penghijauan, Jumat (10/1/2019).

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, kegiatan tanam pohon tersebut dipimpim Wakapolda Aceh Bigjen Pol Drs Supriyanto Tarah.

Kombes Ery menyebutkan, Wakapolda Aceh saat membacakan amanat Kapolda Aceh mengatakan, saat ini upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan, dan lahan melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan telah menjadi perhatian pemerintah.

Dalam mendukung program lingkungan hidup tersebut tambahnya, Polri telah mencanangkan kegiatan Polri peduli penghijauan melalui penanaman pohon di lingkungan Mako Polri, lahan dan tanah milik Polri, seputaran asrama Polri dan utamanya adalah lokasi yang masih gersang serta membutuhkan penghijauan.

“Untuk Polda Aceh sendiri, hari ini kita melaksanakan penanaman simbolis 100 batang pohon di dalam lingkungan Mako Polda Aceh. Selain itu, kegiatan hari ini juga dilaksanakan secara serentak oleh Polda lain di seluruh tanah air. Untuk pohon-pohon yang kita tanam seperti pohon mangga, manggis, jambu dan rambutan,” jelasnya.

Pemilihan pohon-pohon tersebut karena merupakan pohon multiguna yang dapat menghasilkan buah dan mampu menghasilkan kadar oksigen yang tinggi serta dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang.

“Melalui gerakan ini, saya berharap akan menggugah semangat kita dalam upaya rehabilitasi dan pelestarian alam di lingkungan sekitar kita, sehingga akan dapat mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik lainnya,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK