Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle akan mundur dari perannya sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara. Pengumuman yang disampaikan pada Rabu, 8 Januari 2020 itu mengejutkan neneknya, Ratu Elizabeth.

“Setelah berbulan-bulan merefleksikan diri dan melakukan diskusi internal, kami telah memilih untuk melakukan transisi di tahun ini dan mulai mencoba mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini,” kata Pangeran Harry dan Meghan Markle. 

Pangeran Harry berada di urutan keenam dalam takhta kerajaan Inggris. Dia mengatakan setelah keluar dari status anggota senior keluarga Kerajaan Inggris, berencana pindah ke wilayah Amerika utara.  

“Kami akan menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara, dan tetap menghormati tugas kami untuk Ratu dan negara-negara persemakmuran Inggris,” kata Pangeran Harry. 

Pangeran Harry dan Meghan Markle meyakinkan mereka akan berbagi detail langkah selanjutnya yang akan mereka ambil segera setelah mereka membahas rencana kepindahan ini dengan sang Ratu, Pangeran Charles dan Pangeran William. 

Pangeran Harry hanya mengatakan dia dan istrinya berharap bisa memulai kehidupan yang mandiri secara finansial dan membentuk acara amal baru, sambil melanjutkan beberapa tugas kerajaan.

Sumber senior di Kerjaan Inggris mengatakan pengumuman itu telah membuat semua orang terkejut, termasuk sang ratu.

“Anggota keluarga lain tidak diajak berkonsultasi tentang hal ini,” imbuh sumber itu.

Pangeran Harry, 35 tahun, dan Meghan, 38 tahun, menikah pada Mei 2018 dalam sebuah upacara mewah di Kastil Windsor, dan pada saat itu digembar-gemborkan sebagai tanda monarki yang lebih modern. Pada 2019, Meghan melahirkan anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Tapi hubungan mereka dengan pers berubah saat mereka berada di bawah pengawasan ketat.

Ada banyak cerita negatif tentang mereka, mulai dari penggunaan jet pribadi sembari mempromosikan lingkungan hingga uang senilai 2,4 juta pound atau Rp 41 miliar untuk renovasi rumah baru mereka yang diambil dari uang pajak.

Pengunduran diri Pangeran Harry dan Meghan Markel sebagai anggota senior kerajaan Inggris dilakukan setahun setelah derasnya kabar keretakan dan perselisihan Pangeran Harry dengan kakak lelakinya Pangeran William.   

Pangeran Harry juga mengakui adanya perselisihan dengan William, yang berada di garis kedua takhta. Harry dan Meghan tidak menguraikan apa yang mereka rencanakan atau di mana mereka akan tinggal di Amerika Utara nantinya.

“Kami akan mendidik putra kami dengan tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, kami juga ingin memberi ruang pada keluarga kami untuk fokus pada bab berikutnya dalam hidup,” kata pasangan Pangeran Harry dan Meghan. 

Harry dan William menerima lebih dari 5 juta pound atau Rp 90 miliar dari ayah mereka, Pangeran Charles, tahun lalu dan tidak ada kejelasan bagaimana Harry dan Meghan akan mencapai kemandirian finansial.

Penulis biografi kerajaan, Penny Junor, mengatakan mungkin Meghan, yang membintangi drama hukum TV “Suits”, dapat menghidupkan kembali karier aktingnya karena permintaan dan biaya yang bisa dia dapatkan. Namun┬ádia harus berhati-hati tentang peran apa yang akan diambilnya mengingat sekarang dia merupakan bagian dari anggota keluarga Kerajaan Inggris.[] Sumber : Tempo

KOMENTAR FACEBOOK