Penentuan AKD DPRA Akan Ditetapkan Jumat 17 Januari 2020

Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin. [Taufan Mustafa/aceHTrend]

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Sempat tertunda semenjak ribut-ribut di ruang rapat paripurna pada 31 Desember 2019, rapat penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRA akan dilakukan pada Jumat, 17 Januari 2020.

Hal tersebut diputuskan setelah terjadinya beberapa kali rapat antar fraksi di DPRA dan berakhir pada Kamis (9/1/2020).

Dalam rapat akhir tersebut disepakati beberapa hal. Seperti pendistribusian anggota AKD akan dikembalikan ke fraksi masing-masing. Kedua, ketua fraksi akan mengusulkan kembali nama-nama anggotanya untuk didistribusikan ke dalam AKD pada rapat paripurna mendatang.

“Itu kesimpulannya,” kata Dahlan Jamaluddin melalui keterangan tertulisnya, Jumat (10/1/2020).

Dia menjelaskan lima fraksi yaitu PA, Gerindra, PAN, PKS dan PNA, sepakat menggunakan formula seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 79 ayat 3 Tata Tertib DPRA, yang menjelaskan tentang pengisian AKD secara berimbang dan merata. Sedangkan empat fraksi lainnya yaitu Demokrat, Golkar, PKB-PDA dan PPP, menurut Dahlan, tidak memiliki formula alternatif.

“Tapi di sisi lain mereka sepakat bahwa ini dikembalikan kepada pimpinan dan nanti diusulkan kembali. Kita lihat saja nanti usulan mereka. Kesimpulan pentingnya, paripurna akan dilanjutkan pada tanggal 17 nanti,” kata Dahlan Jamaluddin. []

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK