Komunitas Trail Abdya Bedah Rumah Mariati

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Harapan Mariati (45), janda asal Gampong Pantee Raja, Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang menginginkan rumah layak huni akan segera terwujud.

Siang tadi, Minggu (12/1/2020), Komunitas Konco Trail yang dibina oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dan Kapolres AKBP Moh Basori SIK bersama anggota Konco lainnya, resmi melakukan peletakan batu pertama yang turut disaksikan oleh Camat Manggeng, geuchik, dan perangkat gampong setempat.

Selama ini, Mariati menempati sebuah gubuk reot berukuran 2,5 meter. Gubuk yang berkontruksi dari pelepah rumbia dan bertiangkan bambu itu adalah istana bagi Mariati dalam mengasuh, membimbing, dan membina ketiga buah hatinya. Sebelum menepati gubuk reot tersebut, Mariati awalnya tinggal di rumah saudaranya.

“Tadi Bapak Kapolres sudah melakukan peletakan batu pertama bersama teman-teman komunitas Konco Trail untuk pembangunan rumah Buk Mariati. Untuk biaya pembangunannya dari hasil patungan teman-teman Konco dan juga sedekah dari masyarakat Abdya,” ungkap Pembina Konco Trail Abdya, Muslizar MT.

Untuk rumah yang dibangun kata Muslizar, berukuran luas 3,5 meter dengan panjang 8,5 meter. Bangunan rumah tersebut dibangun di atas tanah pembagian orang tua Mariati.

“Kita menargetkan pembangunan rumah ini tidak ada kendala. Sehingga beliau bersama anak-anaknya bisa dengan segera mungkin menempati rumah ini, minimal beliau bisa berpuasa Ramadhan di rumah barunya,” ujar Muslizar.

Seperti yang diberitakan aceHTrend, pada Jumat (13/12/2019) lalu Facebook orang nomor dua di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, mendapatkan pesan masuk dari akun Naja Muhammad Hafidz.

Kepada Muslizar, Naja Muhammad Hafidz melaporkan terkait adanya warga yang hingga kini masih tinggal di gubuk reot bersama dengan tiga orang anaknya.

Mendapatkan informasi itu, Muslizar yang saat itu berada di Pendopo Wakil Bupati Abdya, di Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, langsung menelepon Camat Manggeng, Hamdani, guna mengecek langsung lokasi rumah tersebut.

Setelah mendapatkan informasi terkait keberadaan rumah itu, Muslizar langsung bergegas menuju ke lokasi. Setiba di sana, ia disambut langsung oleh Camat Manggeng, perangkat gampong, dan Mariati (45).
Setelah bercerita panjang lebar terkait perjalanan hidupnya kepada Muslizar, Mariati yang sehari-harinya bekerja serabutan menaruh harapan kepada Muslizar agar dibangun rumah layak huni untuk ditempati bersama anak-anaknya.

“Tadi Ketua Komunitas Konco Trail Abdya, SM Rizka Nazarullah menghubungi saya bahwa mereka berkeinginan untuk membangun rumah tersebut sebagai bentuk amal sedekah kepada Ibu Mariati. Amal sedekah itu mereka peroleh dari sedekah anggota komunitas Konco Trail Abdya. Maka pembangunan rumah ini akan kita laksanakan dalam program rumahmu amal ibadahku kerja sama antara Bungong Jaroe Muslizar dengan Konco Trail Abdya,” ujar Muslizar.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berterima kasih kapada Naja Muhammad Hafizd, Camat Manggeng, geuchik dan seluruh perangkat Gampong Pante Raja atas kerja sama yang dilakukan selama ini terkait informasi Mariati.

“Kami juga menerima sedekah dan sumbangan dari pihak mana pun untuk pembangunan rumah Buk Mariati, bagi yang ingin menyedekahkan boleh melalui rekening a/n Konco Trail Advrnture: 3929-01-010388-53-8,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK