Pepes Ikan, Masakan Kuno yang Disukai Obama

@aceHTrend/Yelli Sustarina

Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini, yaitu makanan yang dibalut dengan daun pisang saat memasaknya. Hampir semua orang menyukai pepes, tak terkecuali mantan orang nomor satu di Amerika ini, yaitu Barack Obama.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh adik tirinya, Maya Soetoro kepada BBC Indonesia (20/1/2017) bahwa Obama sangat menyukai masakan Indonesia, terutama pepes ikan. Wajar Obama menyukai makanan ini karena ia pernah tinggal lama bersama keluarga ibunya di Indonesia semasa kecil.

Pepes sebenarnya merupakan metode memasak tertua di Asia, Amerika Latin, dan negara-negara di garis khatulistiwa. Di Indonesia, pepes ternyata berasal dari masyarakat perkebunan dan pegunungan yang terbiasa menggunakan dedaunan untuk membungkus makanan sebelum dimasak.

Dikarenakan keterbatasan peralatan, orang-orang zaman dahulu menggunakan batu, kayu, dan daun sebagai alat untuk memasak. Namun, seiring berjalannya waktu peralatan tersebut berganti dengan alat yang lebih canggih, tapi memasak pepes tetap menggunakan daun pisang tak tergantikan oleh yang lain.

Memasak dengan cara dipepes maksudnya ialah memasak dengan cara dipanggang di dalam kuali dan semua bumbu makanan dicampur bersama bahan utama yang dibungkus menggunakan daun pisang. Bahan makanan yang biasa dipepes, yaitu ikan, tahu, tempe, udang, daging, teri, oncom, dan jamur. Namun, pada tulisan kali ini aceHTrend akan mengulas tentang cara memasak pepes ikan.

Bahan utama:

– Ikan segar, bisa menggunakan ikan bilis atau anak ikan dencis
– Cabai rawit dan cabe merah
– Bawang merah
– Asam sunti
– Kunyit
– Jahe
– Garam
– Batang serai
– Daun pisang untuk membungkus bahan-bahan masakan, jemur sebentar diterik matahari supaya daunnya melunak

Cara penyajian

– Cuci bagian dalam dan luar tubuh ikan dengan air bersih, lalu tiriskan airnya
– Taburi garam secukupnya
– Haluskan cabai rawit dan cabe merah, bawang merah, asam sunti, kunyit, dan jahe menggunakan blender sebagai bumbu ikan
– Iris batang serai kecil-kecil, lalu taburi ke dalam bumbu yang sudah blender
– Campuri bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan ikan dan aduk hingga merata
– Bersihkan daun pisang dengan kain lap, lalu masukkan ikan yang telah dibumbui ke daun pisang untuk dibungkus
– Hidupkan api kompor dengan ukuran api sedang atau kecil. Letakkan kuali di atasnya dan bungkusan dari pepes ikan tersebut
– Tunggu beberapa waktu hingga pepes matang

Nah, bagaimana? Gampang kan caranya, meskipun terkesan kuno karena menggunakan daun pisang, tapi ciri khas dalam memasak pepes ini masih dipertahankan hingga sekarang. Selamat mencoba.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK