7 Manfaat Minum Air Putih, Meningkatkan Daya Ingat hingga Kulit Sehat

Ilustrasi @cdc.gov

Peran air di dalam tubuh manusia sangat krusial karena sekitar 60%-70% dari tubuh manusia terdiri atas cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, maka akan mengganggu fungsi organ tubuh sehingga terjadi ketidakseimbangan di dalam tubuh. Terutama pada darah yang mengakibatkannya menjadi kental.

Perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan pembawa zat-zat makanan menjadi terganggu saat tubuh kekurangan air. Bila oksigen dan zat-zat makanan ini tidak sampai ke otak atau asupannya berkurang, maka sel-sel pada otak menjadi mati. Keadaan ini akan menyebabkan timbulnya penyakit stroke.

Selain itu, darah yang kental akan mengalami hambatan ketika melewati ginjal karena terganggu fungsinya dalam mengfiltrasi atau menyaring racun. Akibatnya ginjal terpaksa harus bekerja keras untuk menyaring racun dalam darah yang lama kelamaan menyebabkannya menjadi rusak.

Dan banyak hal buruk lainnya bisa terjadi di dalam tubuh bila kekurangan cairan. Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk meminum air putih sekitar 8 gelas per hari. Adapun manfaat meminum air putih sebagaimana dikutip aceHTrend dari akun media sosial Kementerian Kesehatan RI, Senin (13/1/2020), yaitu:

Pertama, air putih dapat menyehatkan pencernaan di dalam tubuh. Dikarenakan pencernaan lancar, maka gangguan seperti kembung dan sembelit dapat terhindari.

Kedua, menjaga tekanan darah. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, air putih adalah hal yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari.

Ketiga, meningkatkan daya ingat otak. Kandungan kalium di dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak sehingga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Keempat, menghindari penyakit jantung. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membuka jalur yang tersumbat di dalam peredaran darah.

Kelima, baik untuk perawatan kulit. Mengonsumsi air putih membuat kulit bebas dari noda, membuatnya lebih lembab, kenyal, dan lebih bercahaya.

Keenam, mengatur lemak tubuh. Mengonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak di dalam tubuh.

Ketujuh, menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang terdapat di dalam tulang akan terjaga dengan baik bila mengkonsumsi air putih secara rutin.

Itulah tujuh manfaat dari meminum air putih setiap hari. Bila kamu ingin hidup sehat, maka terbiasalah mengonsumsi air putih secara rutin, bukan minuman lain seperti soda, sirup, kopi, apalagi minuman yang memabukkan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK