Selama 2019, Mibara RUMAN Aceh Pinjamkan 8.509 Bacaan Gratis

Aktivitas Mibara RUMAN Aceh @ist

Banda Aceh – Wisata buku gratis Minggu Baca Rame-rame atau Mibara yang digagas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh setiap Minggu di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh meminjamkan 8.509 bahan bacaan selama 2019.

Ketua TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami Chaniago mengatakan buku-buku itu dipinjam melalui 46 kali Mibara yang digelar setiap akhir pekan.

“Dari sekian banyak pengunjung yang mampir, 2.422 orang di antaranya meminjam 8.509 bahan bacaan secara gratisan,” ungkap Fadil kepada aceHTrend melalui keterangan tertulis, Senin (13/1/2019).

Selain gratis membaca di tempat Mibara, setiap pengunjung juga bisa meminjam hingga maksimal lima buku selama satu pekan dengan cara yang sangat gampang. Hanya mendaftarkan nama, alamat, beserta nomor hand phone.

“Sejak dimulai pada 18 Mei 2014 lalu, kita sampaikan kepada masyarakat bahwa kita tidak mau memberati mereka dengan urusan administratif. Kita mengajak untuk saling berbaik sangka, saling jujur, dan saling bertanggung jawab,” imbuh Fadil.

Suhartini, salah seorang pengunjung tetap Mibara merasakan manfaat yang besar dari program RUMAN Aceh ini. Bila tidak ada halangan yang bersifat darurat, Suhartini selalu menikmati bacaan di lapak Mibara bersama keluarganya.

“Sudah hampir empat tahun kami sekeluarga menikmati bacaan gratis yang disediakan RUMAN Aceh melalui Mibara. Kami merasakan manfaat yang sangat besar. Bahkan, sekolah tempat saya mengajar juga telah menjalin kerja sama dengan RUMAN Aceh,” ujarnya tersenyum.  

Sementara itu, Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif, menuturkan bahwa pihaknya telah menerima sumbangan 6.737 bahan bacaan dari masyarakat di dalam dan luar Aceh sepanjang tahun 2019. Termasuk beberapa instansi pemerintah dan atau swasta.

“Sumbangan tersebut kita terima secara sukarela dari 157 penyumbangnya, tanpa proposal. Berupa 6.571 buku, 166 majalah plus uang Rp12.500.000 yang kita belikan bacaan baru. Terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah peduli dan berbagi,” tutur Arif.

Bacaan yang disumbangkan tersebut, disebarkan ke 52 titik program rumah pustaka RUMAN Aceh di 12 daerah kabupaten/kota se-Aceh seperti Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK