Dinsos Abdya juga akan Tempel Stiker “Keluarga Kurang Mampu” di Rumah Penerima PKH

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Ikhwansyah, mengatakan pekan depan pihaknya akan menempel stiker di rumah warga yang menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

“Insya Allah minggu depan kita akan menempel stiker di rumah penerima bantuan sosial PKH sebagai tanda bahwa rumah tersebut menerima bantuan,” ungkap Ikhwansyah, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan, stiker itu nantinya akan ditempel langsung secara simbolis oleh pihak Dinsos Aceh serta disaksikan oleh pihak muspika di kecamatan masing-masing.

“Jadi nanti pihak Dinsos Aceh sendiri yang akan menempel secara simbolis, setelah stiker tersebut ditempel, kemudian sisanya akan diserahkan kepada Dinsos Abdya, baru kemudian kita salurkan kepada para pendamping PKH untuk ditempelkan di rumah-rumah para penerima bantuan sosial tersebut,” jelas Ikhwansyah.

Nantinya kata Ikhwan, pihaknya juga akan membuat komitmen dengan para penerima PKH terkiat penempelan stiker tersebut. Jika ada yang tidak memperbolehkan stiker itu ditempel di rumah, maka yang bersangkutan akan dikeluarkan dari daftar PKH.

“Penempelan stiker ini kita lakukan dengan cara transparan dan sesuai dengan data penerima PKH yang kita miliki. Tujuannya agar semua masyarakat mengetahui siapa saja penerima PKH di gampong masing-masing,” paparnya.

Ikhwan menjelaskan, untuk final closing data penerima PKH tahap pertama Januari 2020 berjumlah 8.018 kepala Keluarga (KK) yang tersebar dalam sembilan kecamatan di wilayah Kabupaten Abdya.

“Setelah stiker itu ditempel, kita juga meminta semua pihak terutama masyarakat gampong itu sendiri untuk melakukan monitoring agar penerima PKH itu tepat sasaran. Jika nanti ada rumah yang menurut warga tidak layak mendapatkan bantuan tersebut maka laporkan ke kita, nanti Dinsos beserta pendamping PKH akan turun kembali untuk melakukan verifikasi ulang,” pungkas Ikhwansyah.

Editor : Ihan Nurdin