Ratusan Siswa MA Oemar Diyan Studi Tur ke Malaysia-Jawa-Sumatera

Siswa kelas 2 MA Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar di Bandara SIM, Selasa (14/1/2020). @aceHTrend/Hasan Basri M Nur

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 124 siswa/siswi Madrasah Aliyah (MA) Dayah Tgk Chik Oemar Diyan Indrapuri, Aceh Besar, beserta delapan guru pendamping mengadakan kunjungan pendidikan (studi tur) ke Malaysia, Jawa, dan Sumatera. Rombongan studi tur ini berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang dengan tujuan pertama negara tetangga, Selasa (14/1/2020).

Siswa-siswi kelas 2 MA Oemar Diyan ini akan melakukan kunjungan ke beberapa kampus di Kuala Lumpur dan Pulau Jawa serta pesantren di Padang, Sumatera Barat. Studi tur sambil tamasya ke Kuala Lumpur, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lintas barat Pulau Sumatera ini direncanakan selama 12 hari, sampai tanggal 25 Januari 2020.

Di Kuala Lumpur mereka akan mengunjungi Kampus University Internasional Antarabangsa (UIA). Selanjutnya di Jawa mereka akan mengadakan observasi di Universitas Islam Indonesia (UII), UIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Gajah Mada.

Kamal Kurnia Hasan (kanan) dan Aulia Asrizal (kiri), dua di antara siswa kelas 2 MA Oemar Diyan yang melakukan studir tur @aceHTrend/Hasan Basri M Nur

“Alumni Dayah Oemar Diyan yang sedang studi di kampus-kampus di Malaysia dan Jawa akan memandu adik-adik leting dalam memperkenalkan almamater baru. Biasanya ada di antara mereka yang tertarik untuk kuliah di sana,” kata Muhammad Yamin Ma’shum, Kepala Dayah Oemar Diyan, saat ditemui di Bandara SIM Blang Bintang.

Kamal Kurnia Hasan, siswa MA Oemar Diyan, mengatakan, dayahnya setiap tahun menggelar studi tur untuk anak-anak kelas 2 Aliyah.

“Ini khusus kelas 2 MA. Ini adalah bagian dari pendidikan di sekolah kami,” kata Kamal Kurnia didampingi M Aiman Bustami dan Satria Edian Putra Pratama.

Kamal Kurnia menambahkan, pendidikan di Dayah Oemar Diyan tidak hanya terpaku belajar dalam kelas dan di kompleks dayah.

Menurutnya, Dayah Oemar Diyan selalu mendorong para santri dan santriwati untuk mengambil peran dalam pendidikan ekstra di luar dayah, seperti pada olimpiade sekolah, kompetisi sains madrasah (KSM), dan aneka kompetisi lain di luar dayah.

Pada tahun ajaran 2019/2020 dalam KSM tingkat Kabupaten Aceh Besar, Dayah Oemar Diyan berhasil memboyong 10 piala. Di antara mereka ada yang kemudian sukses di level nasional.

Selain itu, manajemen dayah juga membina para santri kelas 3 MA dalam bidang kepemimpinan. Anak-anak kelas 3 MA memimpin berbagai organisasi di dayah dan sekolah, dan wajib berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK