Harga Gabah Naik, Petani Pun Tersenyum

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Petani di Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sedang berbahagia lantaran harga gabah dalam tiga hari terakhir bertahan dengan harga Rp5.000 per kilogram.

Salah seorang petani, Syafari, mengatakan awalnya harga jual gabah di petani yang dibeli agen pengumpul sebesar Rp4.700. Artinya, ada kenaikan harga sebesar Rp300 per kilogramnya.

Bahkan tambahnya, ada juga agen yang membeli gabah petani mencapai Rp5.100 per kilogramnya.

“Sehari yang lalu saya menjual gabah dengan harga Rp5.000 per kilogram kepada agen pengumpul. Saudara saya baru-baru ini menjual gabah dengan harga Rp5.100 per kilogram, yang dibeli agen,” katanya.

Namun harga jual gabah juga tergantung pada kualitas padi, bila padinya bagus, maka harga jualnya juga tinggi begitu juga sebaliknya.

“Bisa jadi karena musim hujan, makanya murah, kalau sepekan yang lalu sebelum musim hujan sempat harga Rp5.100 per kilonya,” ulasnya.

Sementara itu, Ismail, salah seorang agen pengumpul membenarkan kenaikan harga gabah tersebut. Namun demikian, dirinya juga tetap melihat kualitas gabah yang ingin ia beli.

“Kita belinya tergantung kualitas, kalau musim hujan dan padinya masih hijau, tentu harganya juga murah, tapi kalau padinya bagus bisa mencapai Rp5.000 per kilogram nya,” pungkas Ismail.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK