BMKG Deteksi Empat Titik Panas Tersebar di Aceh

Sejumlah petugas sedang memadamkan api akibat kebakaran lahan di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, mendeteksi adanya empat titik panas di Wilayah Aceh.

“Titik panas itu terjadi akibat intensitas hujan yang rendah dan suhu udara panas,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria, Kamis (16/1/20201).

Zakaria merincikan, titik panas itu terpantau di Kecamatan Arongan Lambaek, Kabupaten Aceh Barat sebanyak dua titik, di Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Jaya satu titik, dan di Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya satu titik.

“Saat ini suhu udara mencapai 32 derajat celsius membuat lahan-lahan gambut menjadi kering, sehingga sangat mudah terjadi kebakaran hutan,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk sementara jangan dulu membuka lahan dengan cara membakar. Dikhawatirkan bisa menimbulkan bencana kebakaran. Kondisi ini menurutnya harus diantisipasi bersama untuk mencegah terjadinya kabut asap terulang kembali.

“Selama musim panas ini alangkah baiknya agar tidak membakar lahan, kalau sudah terjadi kebakaran lahan, maka terjadinya kabut asap. Lebih baik kita saling menjaga untuk kelestarian lingkungan,” imbuh Zakaria.[]

Editor : Ihan Nurdin