Sejumlah Kepala SMK/SMA di Aceh Singkil Sertijab

ACEHTREND.COM, Singkil — Pada Jumat (10/1/2020) lalu, Sekda Aceh dr Taqwallah, M Kes atas nama Plt Gubernur Aceh telah melantik 433 kepala SMA, SMK, dan SLB se-Aceh.

Sebagai tindak lanjut dari pelantikan itu, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Singkil dan Kota Subulussalam,  melakukan serah terima jabatan (sertijab) dan mengantar tugas sejumlah kepala SMA dan SMK dalam Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (18/1/2020).

Serah terima jabatan dan antar tugas yang digelar di sekolah yang kepala sekolahnya diganti itu dipimpin oleh tiga tim.

Tim pertama dipimpin oleh Kacabdin Dr Asbaruddin, bertempat di SMK Negeri 1 Gunung Meriah, SMK Negeri 1 Singkil Utara, dan SMAN 1 Suro.

Sedangkan tim kedua oleh Kasi Guru Tenaga Kependidikan dan Mutu Kesiswaan, Ahmad Fadhil, bertempat di SMAN 1 Singkil, SMAN 1 Singkil Utara, SMAN 1 Simpang Kanan, dan SMKN 1 Simpang Kanan.

Tim tiga dipimpin oleh Kasi Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan, Handoko, bertempat di SMAN 1 Gunung Meriah, SMAN 3 Gunung Meriah, SMAN 2 Gunung Meriah, dan SMAN 1 Singkohor.

Dalam kesempatan sertijab, Kacabdin Wilayah Aceh Singkil dan Kota Subulussalam Dr Asbaruddin mengatakan, jabatan yang diemban kepala sekolah merupakan kepercayaan dan amanah.

Karena itu perlu disyukuri dan amanah itu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kerjakan tugas-tugas di sekolah dengan disiplin dan penuh tanggung jawab.

Jabatan ini, sebagaimana diamanahkan oleh Sekda Aceh, saat pelantikan 11 Januari lalu, kata Asbaruddin, dalam enam bulan ke depan akan dievaluasi. Apabila tidak sesuai dengan visi dan misi serta pakta integritas, jabatan yang telah diamanahkan akan ditinjau ulang.

Oleh karena itu, Asbaruddin berharap, kepala sekolah harus secepatnya membenahi hal-hal yang perlu dibenahi dan segera melakukan perubahan-perubahan sekolah ke arah kemajuan.

“Yang paling utama dilakukan, adalah tertibnya administrasi, jaga kekompakan, dan lancarkan proses belajar mengajar. Tidak ada waktu berleha-leha. Harus bergerak dan berpacu melaksanakan program-program yang telah ditetapkan sekolah,” tegas Asbaruddin.

Selain itu, menurut Asbaruddin, sosok kepala sekolah harus mempunyai kemauan tinggi untuk mengembalikan citra dan meningkatkan kualitas sekolah.

Salah satu indikator keberhasilan sekolah, tambah Asbaruddin, adalah kepemimpinan kepala sekolah.

Adapun Kepala Sekolah yang disertijab dan diantar tugas, di antaranya Kepala SMAN 1Singkil dari Nazwir, S Pd kepada Musren, S Pd, Kepala SMAN 1 Singkil Utara dari Asdi, S Pd kepada Sarliani, S Pd.

Selain itu, Kepala SMKN 1 Singkil Utara dari Mujiburrahman, SP kepada Drs M Saifullah dan Kepala SMKN 1 Gunung Meriah dari Drs M Saifullah kepada Mujiburrahman, SP.

Kemudian Kepala SMAN 1 Gunung Meriah dari Musren, S Pd kepada H Saipul Hidayat, SP, Kepala SMAN 2 Gunung Meriah dari H Saipul Hidayat, S Pd kepada Dra Saptini, Kepala SMN Singkohor dari Drs Syafri kepada Ngabdan Muftadlo, S Pd.

Selanjutnya Kepala SMAN 1 Simpang Kanan dari Dra Saptini kepada Drs Syamsuardi, Kepala SMKN 1 Simpang Kanan dari Arisa kepada Yudho Setyo Nugroho, Kepala SMAN 1 Suro dari Syamsuardi kepada Mulyadi, dan SMK Teknologi Al-Ishaqi kepada Abdullah Sani.

Serah terima jabatan dan pengantar tugas kepala sekolah, tidak saja dihadiri kepala sekolah yang disertijab juga dihadiri sejumlah pengawas sekolah, seperti H Kas Pani, Nur Aida, H. Kasrin, Herlina Hanim, Alamsyah, Mahyuddin, dan para dewan guru.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK