Pengusaha Inggris Lihat Yacht-nya yang Terdampar di Aceh Utara

Pemilik yacht Peter Dyer saat melihat kapalnya di Pelabuhan Krueng Geukuh, Jumat, 17 Januari 2020 @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Kapal yacht yang sebelumnya terombang-ambing di laut dan ditemukan nelayan asal Pante Gurah, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara akhirnya ditemukan kembali oleh pemiliknya. Pemiliknya bernama Peter Dyer asal Inggris dan memiliki bisnis di Thailand. Siang tadi dia datang ke Aceh Utara untuk memeriksa kapal tersebut di Pelabuhan Krueng Geukeuh, Aceh Utara, Jumat (17/1/2020).

“Kapal tersebut hanyut saat terparkir di dermaga Phuket, Thailand. Diduga saat itu jangkar kapal tidak kuat hingga kapal tersebut terbawa arus,” kata Peter Dyer kepada awak media.

Awalnya ia menduga kapal itu hanyut ke Kepulauan Nikobar. Bahkan ia sudah memberi tahu ke angkatan laut di Nikobar, tetapi keberadaan kapal itu tidak diketahui. Ternyata hanyut ke perairan Aceh.

“Saya juga sangat mengucapkan terima kasih kepada nelayan yang telah berjasa menemukan kapal, bahkan saya akan berjumpa langsung dengan nelayan tersebut,” ujarnya.

Kedatangan Peter kali ini untuk memeriksa kondisi kapalnya setelah itu ia kembali ke Phuket. Selanjutnya datang lagi ke Aceh Utara dengan tim teknis untuk melakukan perbaikan kapal.

“Setelah dilakukan perbaikan nanti kapal itu akan dibawa pulang ke Phuket, Thailand dengan berlayar,” katanya.

Sementara itu, Pengawas Keselamatan Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) melalui Koordinator Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Lhokseumawe, Yusriadi, mengatakan Peter datang dengan membawa semua dokumen dan bukti bahwa kapal itu miliknya. Termasuk, bukti laporan kehilangan ke kepolisian Thailand serta dokumen pelengkap lainnya.

“Saat ini dokumen tersebut sedang diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan RI. Jika nanti terbukti secara sah kapal tersebut milik Peter Dyer warga asal Inggris, nanti akan ada proses serah terima,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK