Usai Salat Jumat Nanti DPRA Kembali Gelar Rapat Penetapan AKD

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) usai jumatan nanti akan kembali menggelar rapat paripurna penetapan alat kelengkapan dewan (AKD). Sebelumnya rapat tersebut sudah pernah digelar pada 31 Desember 2019 lalu tetapi akhirnya ditunda karena terjadi kericuhan. Rapat akan digelar pukul 14.30 WIB di Gedung Utama DPRA dengan agenda utama rapat lanjutan paripurna DPRA tahun 2020 dalam rangka penetapan Anggota Alat Kelengkapan DPRA, Jumat (17/1/2020).

Sebelumnya, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, secara maraton melakukan rapat untuk perumusan terkait pendistribusian anggota fraksi ke AKD, rapat tersebut menyepakati dua poin. Pertama mengembalikan nama-nama yang telah diusulkan pada paripurna 31 Desember 2019 ke fraksi masing-masing. Kedua, ketua fraksi mengusulkan kembali nama-nama anggota fraksinya untuk didistribusikan ke AKD dalam paripurna yang akan datang.

“Itu kesimpulannya,” kata Dahlan Jamaluddin Jumat lalu (10/1/2020).

Dahlan membenarkan masih ada fraksi yang berpandangan pada usulan awal, karena tidak ada skema tandingan dari mereka.

Dia menjelaskan lima fraksi (PA, Gerindra, PAN, PKS, dan PNA) sepakat menggunakan formula seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 79 ayat 3 Tata Tertib DPRA, yang menjelaskan tentang pengisian AKD secara berimbang dan merata. Sedangkan empat fraksi lainnya (Demokrat, Golkar, PKB-PDA, dan PPP), menurut Dahlan, tidak memilki alternatif formula.

“Tapi di sisi lain mereka sepakat bahwa ini dikembalikan kepada pimpinan dan nanti diusulkan kembali. Dikembalikan dan diusulkan kembali. Kita lihat saja nanti usulan mereka. Kesimpulan pentingnya paripurna akan dilanjutkan pada tanggal 17 nanti,” kata Dahlan Jamaluddin.[]

Editor : Ihan Nurdin