Dualisme di Dalam HMI, Sesuatu yang Biasa

Aulia Prasetya [Ist]

Oleh Aulia Prasetya

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi mahasiswa yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 5 Februari 1947, atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (sekarang Universitas Islam Indonesia). Kini sudah berumur 72 Tahun tentunya HMI sudah banyak melewati dinamika perjalanan organisasi seperti konflik.

Secara umum, sifat dari pada konflik dalam sebuah organisasi, merupakan sebuah keniscayaan, dan itu terjadi dalam semua organisasi.

Meski demikian, dibandingkan dengan konflik yang lain, tampaknya tidak ada sebuah konflik hebat, teratur dan dinamis, selain konflik organisasi yang terjadi di tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Fakta dualisme kepemimpinan HMI yang muncul saat ini, secara genetik bukanlah hal baru. Peristiwa model ini pernah terjadi di pentas sejarah HMI pada kurun waktu 72 tahun silam. Dualisme kerap mewarnai setiap kepengurusan PB HMI. Sejak pertama kali HMI didirikan, dualisme sudah mulai menyemai tunasnya dengan rapi. Meskipun tak bisa dipungkiri sulit untuk dilihat dan diamati. Tapi dualisme itu tetap menyeringai dan dengan santai mengamati monentum yang tepat untuk tumbuh dan berkembang biak.

Akar dualisme dapat dilacak dan dieksplorasi. Secara historis, hal ini penting untuk dipelajari dan ditemukan semangat dan hasrat di balik peristiwa tersebut. Dualisme, esensinya adalah konflik, sebab ada muatan tidak terakomodir, apakah itu prosedur, ide, hasrat dan ekspektasi.

Dualisme yang Kini terus dirawat dan dibiarkan dan tidak segera diselesaikan, Maka hal ini tentu akan berimbas pada kerja-kerja organisasi, dan yang paling mungkin terjadi adalah, Konflik yang terus di tanamkan dalam pikiran kader kader yang masih suci jiwa dan pikirannya dalam HMI

Pertanyaan penting dari penulis:”Dualisme adalah proses pendewasaan atau Proses Menghilangkan Makna Berteman lebih dari Saudara. Dan siapa yang ingin berdamai? Yakusa!

Penulis adalah mahasiswa FKIP Universitas Serambi Mekkah, asal Kota Sabang. Kader HMI.

KOMENTAR FACEBOOK