Anggota DPRK Aceh Utara Dukung Kenaikan Siltap Aparatur Gampong

Anggota DPRK Aceh Utara Tgk Hasanuddin @aceHTrend/Bustami

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Anggota DPRK Aceh Utara dari Fraksi Partai Aceh, Tgk Hasanuddin, mendukung kenaikan penghasilan tetap bagi aparatur gampong di kabupaten tersebut.

“Dalam pertemuan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana beberapa hari lalu bersama komisi I, saya sempat mempertanyakan kesiapan daerah dalam mendukung siltap aparatur gampong di Aceh Utara, sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2019,” katanya kepada aceHTrend, Senin (20/1/2020).

Hasanuddin meminta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Aceh Utara agar segara menyesuaikan penghasilan tetap (siltap) aparatur gampong yang sampai saat ini masih di bawah standar.

Menurutnya, kerja aparatur gampong terutama geuchik sangat berat dalam melayani masyarakat, namun penghasilannya sangat minim, sementara pendapatan lain tidak semua gampong ada. Di sisi lain, potensi korupsi juga rawan terjadi di gampong untuk menutupi kebutuhan karena tidak sesuai antara pemasukan dan pengeluaran.

“Kita juga menyadari bahwa semua mata itu tertuju kepada Dana Desa, jika lemah dalam pengawasan, sangat rentan terjadi penyelewengan,” ungkap mantan geuchik Gampong Seumirah Kecamatan Nisam Antara itu.

Tambah Hasanuddin, salah satu kebijakan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara saat ini adalah bagaimana mengantisipasi terjadi penyelewengan Dana Desa dan meningkatkan pendapatan aparatur di desa.

“Kita juga mengharapkan kepada desa-desa di Aceh Utara untuk membina harmonisasi antaraparatur, jika tidak, sebesar apa pun penghasilannya tetap tidak maksimal menjalankan program pembangunan gampong,” tambahnya.[]

KOMENTAR FACEBOOK