Warga Tionghoa di Aceh Rayakan Imlek

Foto @aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Warga Tionghoa di Kota Banda Aceh merayakan pergantian tahun baru Imlek dalam suasana aman di sejumlah vihara yang ada di ibu kota provinsi Aceh, Jumat malam (24/1/2020).

Salah satu yang menjadi pusat perayaan tersebut adalah Vihara Dharma Bhakti di Jalan Panglima Polem, Peunayong, Banda Aceh.

Sekretaris Vihara Dharma Bhakti, Hasan Go alias Cheng Guan kepada aceHTrend menuturkan, perayaan ini diikuti sekitar 2.500 hingga 3.000 etnis Tionghoa beragama Buddha di Banda Aceh.

Adapun pusat lokasi perhelatan Imlem di antaranya Vihara Dharma Bhakti, Vihara Maitri, Vihara Dwi Samudera, dan Vihara Sakyamuni.

“Malam ini tahun 2571 istilah kami Shio Tikus dan perayaannya hanya sembahyang saja dan atraksi barongsai besok,” ujar Hasan Go.

Ia mengaku, perayaan Imlek di kota Banda Aceh berjalan aman dan lancar setiap tahun. Ini dikarenakan masyarakat Aceh sangat toleran terhadap umat minoritas.

“Di sini kami hidup damai dan rukun, masyarakat Aceh sangat toleran dan setiap hari kami berinteraksi baik di sini,” ujar Hasan Go.

Hingga berita ini diturunkan, warga Tionghoa terus berdatangan menyambut momen pergantian tahun Imlek pada pukul 00:00 WIB. Mereka melakukan sembahyang sebagai bentuk syukur terhadap rezeki yang diperoleh tahun 2019.

Sejumlah aparat kepolisian juga terlihat berjaga-jaga di bagian depan dan samping vihara yang berlokasi di Jalan Panglima Polem, Peunayong tersebut.[]

Editor : Ihan Nurdin