Hendra Fadli Minta Semua Pihak Objektif Soal Limbah Medis Puskesmas Babahrot

Hendra Fadli

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Ketua II DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Hendra Fadli, meminta semua pihak berpikir jernih dan objektif terkait ditemukannya setumpuk limbah medis di luar pagar Puskesmas Kecamatan Babahrot tepatnya di kebun warga.

“Semua pihak harus objektif terhadap hal ini. Dan saya meminta kita semua berpikir jernih untuk maksud perubahan dan perbaikan,” ungkap Hendra Fadli melalui rilis yang diterima aceHTrend, Minggu (25/1/2020).

Menurut Hendra, sistem hukum di negara ini menganut azas praduga tak bersalah. Untuk itu, jika pihak berkepentingan meyakini bahwa berdasarkan bukti-bukti permulaan yang cukup, temuan setumpuk limbah medis itu merupakan tindak pidana, dirinya mempersilakan untuk meneruskan kepada pihak yang berwajib, sehingga masalah ini tidak berkembang liar dan menyudutkan pihak-pihak yang belum tentu bersalah.

“Perlu kami sampaikan bahwa dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan, DPRK Abdya telah melaksanakan kunjungan lapangan dan menggelar pertemuan dengan seluruh jajaran Puskesmas Babahrot pada senin, 20 Januari 2020 lalu yang dihadiri oleh ketua-ketua komisi dan beberapa orang anggota dewan lainnya. Dan waktu itu¬†Sekretaris Dinkes Abdya juga ikut hadir,”¬†ujar Hendra.

Namun demikian kata politisi Parati Aceh (PA) itu, temuan setumpuk limbah medis tersebut belum bisa juga disimpulkan sebagai unsur kesengajaan yang terpola oleh Pihak Puskesmas Babahrot.

“Jadi ini kasuistis dan belum berlangsung lama. Pun demikian, kami tetap menyarankan agar atasan terkait, dalam hal ini Kepala Dinkes dapat segera mengevaluasi sekaligus mengambil langkah-langkah yang patut sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga masalah ini tidak terus berlarut-larut,” sarannya.

Yang terpenting tambahnya, dirinya kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran Puskesmas Babahrot, apa pun kritik dan masaah yang sedang menerpa, anggap saja itu sebagai nutrisi untuk perbaikan.

“Maka tetap fokus meningkatkan komitmen pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat kita di Kecamatan Babahrot. Kami juga mangajak agar masyarakat ikut memberikan saran kepada puskesmas agar kehadiran puskesmas tersebut bermanfaat bagi masyarakat, tentunya kerja sama sama semua pihak sangat diperlukan dalam pelayanan kesehatan,” pungkas Hendra Fadhli.[]

Editor : Ihan Nurdin