U Neulheue Beureutoh Lagot di Malaysia

Jafar Insya (tengah) memaparkan potensi pasar u neulheu di Malaysia @aceHTrend/Hasan Basri

AceHTrend.COM, Banda Aceh – Kelapa gongseng atau u neulheu yang menjadi salah satu bahan baku utama untuk mengolah kuliner Aceh khususnya gulai, laku keras di toko-toko runcit (kelontong) di Malaysia.

Menurut pedagang asal Aceh di Malaysia, Jafar Insya Reubee, produk u neulheu menjadi bumbu wajib yang bukan hanya dikonsumsi oleh orang Aceh tapi juga Melayu secara umum.

“Di semua cabang warung runcit milik saya di Malaysia laku keras u neulheu, apalagi menjelang bulan puasa,” ujar pedagang asal Aceh di Malaysia dalam pertemuan antara pejabat dan saudagar Malaysia dengan pelaku usaha UMKM di Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh di Banda Aceh, Sabtu (25/1/2020).

Jafar meminta pihak berwenang di Aceh untuk memfasilitasi pengiriman u neulheu ke Malaysia agar dapat dia bantu pasarkan di toko-toko runcit milik orang Aceh di Malaysia.

Harris (Ketua Gabungan Usahawan Acheh Malaysia, dua kiri) memaparkan sejumlah kerja sama dengan Aceh yang memungkinkan difasilitasi oleh GUAM @aceHTrend/Hasan Basri

Edi Sandra, pemilik usaha Meurasa yang ikut memproduksi u neulheu menyatakan pihaknya siap memproduksi dan akan berusaha mengirimkannya ke Malaysia.

“Produk-produk kami sudah berizin, steril, berlogo halal, dan kemasannya yang cukup bagus,” kata Edi didampingi istrinya.

Datok Jamal dari Malaysia menyatakan pihaknya siap melakukan kerja sama dengan Aceh.

“Yang namanya kerja sama itu harus dua dua menguntungkan,” kata Datok Jamal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK