STAIN Meulaboh Sosialisasikan Kampus ke Perbatasan Aceh

ACEHTREND.COM, Singkil – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, melakukan sosialisasi kampus dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) TA 2020-2021 hingga ke perbatasan Aceh. Tepatnya, di Aceh Singkil dan Subulussalam selama dua hari, Senin-Selasa (27-28/1/2020).

Tujuan sosialisasi ini, kata tim sosialisasi Ade Kurniawan kepada aceHTrend di Singkil, Senin (27/1/2020), di samping ingin memperkenalkan STAIN Meulaboh Teungku Dirundeng kepada siswa-siswi SMA/sederajat di Aceh Singkil dan Subulussalam, juga ingin mengajak mereka supaya berkenan kuliah di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sebab STAIN Meulaboh jaraknya sangat dekat dengan Aceh Singkil dan Subulussalam, masih di wilayah barat-selatan Aceh. Lagi pula, sekarang Kampus STAIN menurutnya tak kalah hebat dari kampus-kampus lain di Aceh.

Di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, kata Ade Kurniawan, mahasiswanya diberikan beasiswa Bidikmisi, beasiswa berprestasi, beasiswa hafiz, beasiswa dari Pemkab Aceh Barat, beasiswa dari Pemerintah Aceh, dan beasiswa dari Prodi Keagamaan.

Menurut keterangan Ade Kurniawan, selama lima tahun ini, sejak STAIN dinegerikan oleh pemerintah, telah dibuka Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Tarbiyah dan Keguruan, termasuk Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Tahun ini, STAIN Meulaboh juga telah membuka program studi (prodi) baru yaitu Bahasa Inggris.

“Dengan jurusan-jurusan yang ada di STAIN tersebut, diharapkan dapat memotivasi putra-putri Singkil dan Subulussalam memilih STAIN Meulaboh Sebagai tempat tujuan kuliah,” tutur Ade Kurniawan yang juga salah seorang dosen STAIN itu.

Ditambahkannya, tahun ini STAIN Meulaboh telah memiliki dua gedung permanen tiga lantai. Gedung itu diperuntukkan sebagai penunjang aktivitas belajar mengajar supaya lebih intens dan komprehensif.

Sekarang sekolah tinggi yang dinakhodai Dr. Inayatillah itu terus berbenah ke arah lebih baik. Pihak kampus menargetkan tahun ini status STAIN bisa naik ke level yang lebih tinggi. Dari sekolah tinggi menjadi IAIN.

“Jika ada niat dan tekad  putra-putri Aceh Singkil dan Subulussalam ingin kuliah di STAIN Meulaboh, bisa menempuh jalur Seleksi Prestasi akademik Nasional (SPAN) yang prosesnya sejak pengisian dan verifikasi hingga daftar ulang dijadwalkan 6 Januari-17 April 2020. Jalur lain adalah jalur mandiri yang jadwalnya sejak pendaftaran hingga wawancara 15 Juni-30 Juli 2020,” urai Ade Kurniawan.

Sementara itu, Nurhayani salah seorang pendidik dan guru di Singkil sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh ini, apalagi Singkil merupakan salah satu wilayah yang saat ini terus menggenjot mutu pendidikan dan sumber daya manusianya melalui pendidikan tinggi.

Menurutnya, STAIN Meulaboh dapat menjadi salah satu pilihan putra-putri Aceh Singkil sebagai tempat kuliah. Selain satu satunya kampus negeri PTKIN di barat selatan Aceh, jarak tempuh dari Singkil ke Aceh Barat juga masih relatif dekat.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK