Dara Aceh Wakili Indonesia di Forum Pemuda Internasional

Risna Erita @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Alumnus Bina Bangsa Getsempena (BBG), Risna Erita, yang juga Junior Natural Aceh terpilih sebagai peserta Forum Pemuda Internasional bertajuk “Global Goals Summit 2020” di Kuala Lumpur Malaysia, Selasa (28/1/2020). Risna menyatakan bahwa ada 31 delegasi perwakilan masing-masing negara pada event ini. Sementara ia delegasi Indonesia dari Aceh mempresentasikan makalah yang berjudul “Lingkungan dan Ekonomi Hijau”.

Risna mengatakan, pada sesi Global Goals Meeting, masing-masing delegasi membuat komitmen resolusi untuk mengambil tindakan sebagai agen pemuda SDGs.

“Para delegasi juga mengunjungi rumah perlindungan di Kuala Lumpur untuk membina mereka tentang tujuan SDG dan memberikan sumbangan sebagai simbol solidaritas dalam kemanusiaan,” ujarnya, Kamis (30/1/2020).

Lalu peserta mendapat anugerah Global Goals Action Ambassador (Duta Aksi Global) di malam Gala Dinner. Sebelum diberi penghargaan, delegasi Aceh, Indonesia menampilkan sebuah tarian kreasi Aceh untuk memperkenalkan daerah Aceh. Tarian kraesi Aceh sangat luar biasa hingga semua peserta delegasi negara lain terpukau.

Zainal Abidin Suarja, Ketua Natural Aceh menyatakan bahwa setelah mengirimkan Risna Erita ke Kuala Lumpur, Natural Aceh juga mempersiapkan delegasi ke Disability Rights Convening pada 6-8 Februari 2020 di Colombia, Sri Langka. Tim yang berangkat adalah Karla Amelia, Murni Mustari, dan Qanita Putri Imarah. Artinya selain Risna, ada seorang lagi alumni BBG yang ikut forum internasional yakni Qanita Putri Imarah.

“Saya yakin semua bisa tampil dan mengikuti kegiatan internasional dengan sukses,”pungkasnya.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris BBG, Sri Wahyuni, menyampaikan selamat kepada alumni Pendidikan Bahasa Inggris atas nama Risna Erita dan Qanita yang telah berhasil mewakili Aceh dalam event forum pemuda international. 

“Semoga prestasi ananda kita dapat memotivasi alumni mahasiswa PBI lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, hal ini tidak terlepas dari bantuan natural Aceh yang telah membimbing dan memfasilitasi mahasiswa dan alumni BBG hingga bisa tampil dengan baik di internasional.

“Terima kasih sekali lagi untuk Pak Zainal, sebagai Ketua Natural Aceh. Semoga kerja sama lembaga ini dengan BBG akan terus terjalin dengan baik dengan program-program positif, “pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin