Begini Cara Sekolah Sukma Bangsa Pidie Siapkan Siswanya Jadi Peneliti

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 36 siswa kelas XI MIPA SMA Sukma Bangsa Pidie yang didampingi dua guru melakukan kunjungan belajar ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh di Lambaro, Aceh Besar, Rabu (5/2/2020).

Guru pendamping siswa, Muazzah mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari model pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Sukma Bangsa.

“Kunjungan ke Balitbangkes Aceh merupakan kolaborasi tiga mata pelajaran, yaitu Biologi, Kimia, dan Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Kedatangan siswa ini diterima langsung oleh Kepala Balitbangkes Aceh, Dr Fachmi Icwansyah SKp MPH. Fahmi mengatakan, sejauh ini masih minim sekolah yang mampu melakukan kerja sama dengan lembaga nonpendidikan. Oleh karena itu ia mengapresiasi inisitif dari SSB Pidie ini.

Dalam kunjungan belajar tersebut, siswa juga diajak untuk melihat-lihat laboratorium yang ada di sana. Mereka diperlihatkan semua alat-alat penunjang kerja laboratorium sekaligus mendapat penjelasan cara pengoperasian dan kegunaan dari alat-alat yang ada, seperti laboratorium hewan uji coba, laboratorium hematologi, dan laboratorium kultur dan biakan.

“Mereka juga mendapatkan penjelasan tata cara pengolahan dan pembuangan limbah,” kata Muazzah lagi.

Balitangkes Aceh merupakan laboratorium dengan standar level 2 dan telah melakukan banyak penelitian kesehatan. Saat berkunjung ke sana, siswa juga diperkenalkan dengan tata cara biosafety dan biosecurity sebelum memasuki laboratorium. Para siswa harus menggunakan jas dan sepatu lab, sarung tangan, serta masker saat memasuki lab.

Selain memberikan pengalaman belajar secara langsung di Balitbangkes Aceh, kunjungan ini juga bertujuan sebagai career day untuk siswa. Diharapkan, mereka dapat menentukan jurusan kuliah yang menjurus pada penentuan karier saat memasuki dunia kerja nanti.

“Semoga nanti, setelah tamat kuliah, ada di antara anak-anak yang bisa bekerja di Balitbangkes Aceh,” kata Fahmi.

KOMENTAR FACEBOOK